Daftar Isi [Tampil]

Foto bersama Dewan Guru dan siswa MI Nurul Huda NW Gegurun saat penutupan pesantren kilat.
LOMBOK TIMUR, | Radarselaparang.com 
– Bulan suci Ramadhan sudah akrab dengan berbagai kegiatan islami didalamnya, tak terkecuali Pesantren Kilat. Pesantren kilat adalah kegiatan rutin tahunan yang di adakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda NW Gegurun. Kegiatan didalamnya berupa siraman rohani religi sekaligus mendalami kitab suci Alquran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi, dari tanggal 27 Maret s/d. 13 April 2023, dan khusus untuk kegiatan penutup ada penambahan pelaksanaan kegiatan dari 14 hingga 15 April 2023. Dengan melaksanakan Do'a bersama Hiziban, buka bersama,dan sholat tarawih berjamaah di madrasah.

Pesantren Ramadhan berlangsung setiap hari dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 11.30 WITA. Pesantren Ramadhan 1444 H tahun 2023 dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, Muh. Munir Fauzi, M.Pd. Turut hadir pula, Koordinator Bidang Pendidikan, seluruh dewan guru. Bertempat di gedung MI Nurul Huda NW Gegurun Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga. Sabtu, (15/04/2023).

Dalam sambutannya, kepala Madrasah Munir Fauzi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pesantren Ramadhan.

“Di era digital, kita harus selalu waspada karena adanya konten-konten yang biasa dan tidak benar yang saat ini masih ada disekitar kita, sehingga kita harus terus menerapkan disiplin ilmu yang sehat, walaupun dalam keadaan seperti ini. Kita harus terus kreatif dan selalu meningkatkan iman seperti mengikuti kegiatan Pesantren Kilat ini,” ujarnya.

Sebelumnya kegiatan diisi setiap harinya dengan kajian Islam, yang disampaikan oleh pembina imtaq  yaitu, Ust. Muhammad Anwar Fauzi, QH., S.Kom. yang membawakan materi kajian-kajian puasa dan membaca Hizib Nahdlatul Wathan, membaca Al-Qur'an, yang dibina langsung oleh seluruh dewan guru.

Kegiatan pesantren kilat ini, ditutup dengan kegiatan buka bersama, sholat isya dan tarawih berjamaah di madrasah, dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi siswa aktif mengikuti kegiatan pesantren kilat seperti : siswa yang rajin mengikuti tadarrusan Al-Qur'an di masjid/mushalla, siswa yang aktif berpuasa, siswa yang sering mendengarkan dan mencatat hasil ceramah di Masjid, siswa yang rajin menulis buku panduan ramadhan. Dan dirangkai dengan pembagian santunan khusus anak yatim-piatu.

Pada bagian selanjutnya, Huswatun Hasanah selaku koordinator bidang pendidikan mengatakan, kegiatan Pesantren Kilat merupakan kerja sama antara seluruh guru dan siswa. “Terima kasih untuk seluruh dewan guru dan siswa MI Nurul Huda NW Gegurun yang telah mempersiapkan kegiatan Pesantren Kilat dengan sangat matang, sehingga kegiatan berjalan dengan baik sebagaimana harapan bersama. Semoga kegiatan ini menjadi ladang kebaikan dan bermanfaatan bagi kita semua,” ungkapnya. (RS)