Daftar Isi [Tampil]

Gedung lantai II Inspektorat Lotim ruang Irban 1 hangus dilalap api
LOMBOK TIMUR Radarseleparang.com || Gedung Inspektorat Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang terletak di Jalan Prof M Yamin, Selong tersebut hangus di lalap Jago Merah, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 wita, Jumat (5/5/2023)

Dimana saat kejadian gedung inspektorat tepatnya di lantai II ruang Irban 1 yang mengalami kebakaran. tidak ada korban jiwa karena gedung dalam kondisi terkunci dan kondisi sepi sebab semua pegawai sudah pulang kerja. 

Demikian disampaikan Inspektur Lombok Timur Hj Miftah Wasli mengatakan kebakaran terjadi saat jam pulang kantor dan gedung dalam keadaan terkunci dan untuk menentukan penyebab kejadian kebakaran pihaknya menunggu hasil pemeriksaan aparat kepolisian.

"Di Ruangan tersebut kan ada komputer, printer dan dispenser. Mudah-mudahan tidak ada file yang hilang serta dokumen penting sehingga kita tidak kehilangan jejak," ucapnya.

Diterangkan Miftah, bahwa dalam ruangan yang hangus terbakar tersebut ada dokumen hasil pemeriksaan kasus yang sedang berjalan sehingga harus tetap terjaga.

"Mudah-mudahan file itu tersimpan dengan baik, karena biasanya pegawai mempunyai pegangan dokumen dan file yang terdapat pada komputer biasanya sudah melalui tahapan review dan sudah final," terangnya.

Lanjut Miftah menerangkan, pelayan kantor Inspektorat harus tetap berjalan. Kalaupun saat ini kondisi ruangan Irban 1 dalam keadaan rusak akibat terbakar, masih ada ruangan lain yang bisa digunakan.

"Kalau ruang Irban saat ini dalam kondisi seperti itu, dalam waktu seminggu tidak digunakan, masih ada aula atau ruangan lain yang bisa digunakan" pungkasnya.

Sementara itu, Tim pemadam kebakaran Damkarmat, Lombok Timur, setelah mendapatkan adanya kebakaran langsung tanggap darurat segera terjun ke lokasi untuk memadamkan api, Alhasil setelah hampir kurang lebih setengah jam petugas pemadam berjibaku dengan api akhirnya si jago merah dapat berhasil dijinakkan, meski di awal terkendala asap hitam tebal saat petugas mencoba memasuki ruangan yang terbakar.

"Untuk mengurangi asap tim terpaksa memecahkan kaca agar asap bisa keluar sehingga bisa memudahkan petugasnya,"kata Helmy Eka Saputra Kabid Sarana Prasarana Damkarmat Lombok Timur.

Disebutkan Helmy, dugaan sementara penyebab kejadian akibat korsleting listrik yang bersumber dari dispenser diruang oprator Irban 1.

Dalam kejadian tersebut, tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.  (RS)