Daftar Isi [Tampil]

Muh. Nuzur, selaku Direktur Lombok Learning Center (LLC) Hospitality and Cruise Ship School. Bersama dengan perusahan Partner 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com
|| Dalam acara pembukaan Lombok Learning Center (LLC) Hospitality and Cruise Ship School yang merupakan lembaga pelatihan keterampilan yang siap kerja di bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar. Bertempat di Desa Gerung Permai, Kecamatan Suralaga. Rabu (17/5/2023)

Sebagaimana disampaikan  Muh. Nuzur, selaku Direktur Lombok Learning Center (LLC) Hospitality and Cruise Ship School, bahwa LLC ini merupakan lembaga pelatihan yang memberikan skill khusus, yakni adapun program pelatihan yang dikelola, yakni perhotelan, fast track, bahasa inggris, bahasa Mandarin.

"Peserta pelatihan di LLC pada awal ini sudah mencapai puluhan peserta dan ada juga peserta dari luar daerah yakni dari Jawa sebanyak 12 orang," sebutnya.

Dilanjutkan Nuzur, Alasan dirinya membuka lembaga walaupun berada di pelosok namun punya bergening, Ia melihat di Lotim merupakan lumbung tenaga kerja keluar negeri namun masih sebagai tenaga kasar yang tidak terlatih, karenanya Ia membentuk lembaga LLC ini dengan membuka pelatihan sesuai sesuai kebutuhan dunia kerja dengan menyediakan tenaga yang terlatih dan terampil dan sudah siap terjun ke dunia kerja, baik di dalam maupun di luar negeri.

Diakui Nuzur, bahwa LLC tidak bisa mengirim tenaga kerja tetapi hanya berfungsi memberikan pelatihan dan skill, namun Ia memastikan yang belajar di LLC akan dibantu untuk mendapatkan kerja sesuai dengan skill yang di ambil pada waktu pelatihan. Karena LLC sendiri ada partner dari beberapa perusaan baik di dalam negeri maun di Luar negeri.

"Tetapi kami bekerja sama dengan direck perusahan kerja yang siap menempatkan mereka yang sudah belajar di LLC, kalau untuk di Bali tinggal kemauan meraka, kami pastikan masuk di perhotelan disana," tegasnya.

Sementara untuk kapal pesiar diakui dirinya juga punya relasi untuk menyalurkan para peserta didik yang akan mengambil pelatihan itu akan disalurkan pada perusahan relasi melalui perusahan partner.

"Sebagai bakti LLC pada masyarakat sekitar, Untuk anak yatim piatu kita bantu dia untuk mewujudkan cita-cita meraka kesana dengan biaya gratis, tetapi harus mempunyai iktikad yang kuat dan dedikasi yang tinggi," lanjutnya.

Untuk masa pelatihan sesuai aturan terbaru yakni selama 6 bulan dan untuk training dilakukan bisa di luar luar negeri atau di dalam negeri, tergantung dari keinginan yang bersangkutan.

"Tapi jika melihat bergening sertifikat, otomatis training di luar negeri lebih menjanjikan," tambahnya.

Dijelaskan Nuzur, bahwa selaku lembaga pelatihan kerja tidak boleh menempatkan atau memberangkatkan tenaga kerja yang sudah di latih, tetapi lembaga yang dinaunginya tersebut sudah bekerjasama dengan partner dan perusahaan.

"Untuk partner kerja juga sudah datang juga dari Bali dan PT Tenriawaru Elite Internasional Jakarta," sebutnya.

Dilanjutkan Nuzur, Peserta yang dilatih skill perhotelan maupun kapal pesiar, akan diarahkan bekerja pada partner dan Perusahaan yang telah bekerjasama dengan lembaganya.

Dimana LLC disampaikan Nuzur, punya misi, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global. Dan dengan Misi, melaksanakan pelatihan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi secara berkesinambungan, juga melaksanakan pelatihan sesuai tuntutan pasar kerja, dan peningkatan profesionalisme.

"Untuk masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan kerja bisa membuka website LLC di www.lomboklearningcenter.com," pungkasnya.

Sementara itu,Kadis Nakertrans Lotim. M.Khairi, menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) khususnya yang terdidik dan punya skill. Juga ini dilakukan pengawasan untuk menghindari penipuan yang marak terjadi.

"Kami siap membantu proses pengurusan berkas siswa yang mau bekerja keluar negeri setelah melakukan pelatihan kerja di LLC disini," terangnya.

Diakhir penyampaiannya, M. Khairi berharap dengan LLC ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat Lombok Timur pada umumnya.

"Selamat kepada LLC, semoga ini menjadi bagian dalam membangun kesejahteraan masyarakat Lombok Timur,"  tutupnya.

Hadir dalam opening LLC tersebut, Kadis Nakertrans lotim, Perwakilan Nakertrans Provinsi NTB, Camat Suralaga, dan puluhan peserta yang akan mengikuti pelatihan kerja di LLC. (RS)