Daftar Isi [Tampil]

Kirab pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU Lotim
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menerima kedatangan  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa dalam rangka penyerahan dan penerimaan estafet Bendera Partai Politik Peserta Pemilu pada kegiatan Kirab Pemilu Tahun 2024 serta sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dengan mengusung tema “ Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”, yang berlangsung di Halaman Kantor KPU Lotim. Rabu (14/6/2023).

Kirab Pemilu 2024 ini sudah dilakukan sejak tanggal 14 Februari 2023 yang dilaksanakan di 7 titik se-Indonesia. Dalam hal ini Kabupaten Lombok Timur menerima Bendera Partai Politik Peserta Pemilu dari Kabupaten Sumbawa, dan  menjadi Kabupaten ke-20 di Regional 6 yang dimulai dari Kupang, Nusa Tenggara Timur yang dilintasi kirab tersebut.

Selain itu, sebanyak 18 Partai Politik yang ada di Nusa Tenggara Barat turut berpartisipasi pada kontes Pemilu tahun 2024, jumlah tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni 17 Partai Politik.

Sekda Lotim. H. M. Juani Taofik dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan kirab yang berlangsung pada hari ini menunjukkan tahapan Pemilu di Lombok Timur sudah dijalankan sesuai dengan waktu dan substansinya. Ia juga menegaskan perlu adanya kerjasama semua pihak agar Pemilu Tahun 2024 nanti berjalan dengan lancar.

"Mari dukung apapun tahapan-tahapan Pemilu. Boleh saja KPU sebagai penyelenggara tetapi tanpa dukungan semua pihak maka Pemilu tidak bisa berjalan sesuai harapan kita,” ajaknya.

Sekda Juaini memahami dalam hal ini Pemerintah tidak bisa membantu KPU secara teknis, namun ia menegaskan Pemerintah tetap memberi dukungan dengan sistem pemilihan di Lombok Timur. Karena menurutnya kesuksesan Pemilu di Nusa Tenggara Barat sangat banyak ditentukan oleh kesuksesan Pemilu di Lombok Timur, hal tersebut ia sampaikan mengingat sebagian besar masyarakat Nusa Tenggara Barat berada di Lombok Timur.

"Pada dasarnya semakin banyak pemilih maka akan semakin banyak Integrasi Bangsa yang tercipta,  Kirab ini sangat penting dan bermakna, karena pada kegiatannya harus menyisir tempat-tempat umum untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pemilu 2024," terangnya.

"Dan yang lebih penting melakukan kolaborasi dengan semua stakeholder agar Pemilu 2024 mendatang lebih berkualitas, dan asas Pemilu Jujur dan Adil (Jurdil) itu benar dirasakan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur M. Junaidi mengatakan setelah penerimaan bendera kirab dari Kabupaten Sumbawa, akan diserahkan kepada 5 Dapil yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

"Tentu dengan harapan KPU Kabupaten Lombok Timur mampu mensosialisasikan terkait hari pemungutan suara dan pemilihan 18 Partai Politik yang menjadi peserta Pemilu kepada semua masyarakat di Kabupaten Lombok Timur," tutupnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juani Taofik, Jajaran KPU Nusa Tenggara Barat, KPU Kota se-NTB, PPK dan PPS se-Kabupaten Lombok Timur, jajaran Forkopimda Kabupaten Lombok Timur dan perwakilan pimpinan OPD lingkup Pemda Lombok Timur. (RS)