Daftar Isi [Tampil]

Dekan FKIP UNW Mataram Ummi Hj.Lale Yaqutunnafis, MM.
MATARAM Radarselaparang.com || Kantor Urusan Internasional Universitas Nahdlatul Wathan (KUI UNW) Mataram menyelenggarakan  Internasional Comfrence On Mondernt Language And Applied Linguistice (ICMAL) kerjasama dengan Fakultas Ilmu Bahasa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah Malaysia, Dimana acara dikemas dalam bentuk Konferensi internasional. Bertempat di Hotel Prime Park Mataram. Jum’at (2/6/2023)

Dalam kegiatan kerjasama tersebut, salah satu perguruan tinggi di Mataram, yakni, Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram telah berhasil merajut kerjasama menjadi Konferensi Internasional yang berlokasi di hotel Prime Park Mataram. 

Pada kesempatan tersebut, Dekan FKIP UNW Mataram Ummi Hj.Lale Yaqutunnafis, MM. jadi plenary speaker menyampaikan Kolaborasi internasional sudah selayaknya terjalin antar perguruan tinggi, serta melintas antar pulau serta batas negara. Demikian pula kerjasama akademik dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“kami menyambut baik kegiatan ini dan mudahan berkelanjutan sebagai pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi menuju agen perubahan menjadi fondasi dasar akademik yang jauh lebih berkembang lagi di masa depan,”ucapnya. 

Ia juga menambahkan, ICMAL ini salah satu konferensi internasional yang menghadirkan banyak peserta dari berbagai negara. Bahkan ada dari Amerika, Thailand, dan Malaysia. kegiatan ini diikuti oleh 130 lebih peserta yang berasal dari berbagai elemen akademisi, ada praktisi, para profesional yang di luar.

"Tapi khusus untuk konferensi ini spesifik pada bidang Literasi, metode pengajaran bahasa seperti blanded syncrounus learning, strategi pengajaran," jelas Ummi Lale Yaqut panggilan akrabnya.

Harapannya, selanjutnya akan ada pembahasan langkah-langkah konkret untuk memperluas kerjasama tridharma lintas negara ini kedepannya.

"Kita juga tujuannya untuk meningkatkan kerjasama Manajemen mutu perguruan tinggi berbasis pondok pesantren. antara Negara Indonesia dan Malaysia. Di antara acara-acara yang dijadwalkan, masing masing universitas juga mempromosikan pertukaran budaya pondok pesantren antara kedua negara," tuturnya.

Kegiatan konferensi internasional tersebut melibatkan beberapa perguruan tinggi dalam dan luar negeri diantaranya Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, KUI UNW Mataram dan Universitas Muhamadiyah Mataram (UMMAT), sebagai mitra utama kolaborasi dalam konferensi internasional ini. 

Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah Malaysia saat melakukan kunjungan ke Lombok.
Hadir dalam acara pembukaan ICMAL tersebut jajaran rektor, dan dekan wakil dekan dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah Malaysia, sementara rektornya hadir melalui daring, hadir juga Gubernur NTB yang diwakili Kadis Dikbud NTB Dr.H.Aidy Furqon,M.Pd, Rektor UNW Mataram Dr.H.Lalu Muhyi Abidin,MA, Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram Dr.H.Abdul Wahab,MA. Dekan FKIP UNW Mataram Hj.Lale Yaqutunnafis,MM dan sejumlah peserta dari dalam maupun luar negeri. (RS)