Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy saat melakukan donor darah
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Soedjono Selong, Jelang peringatan Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) bergandengan dengan pemerintah Lombok Timur (Lotim) mengadakan acara Donor Darah Masal dengan tujuan menunjang Millenium Development Goals (MDGs).

Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menunjang Millenium Development Goals (MDGs) yang salah satunya adalah menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI),  peserta berasal dari perwakilan OPD se-Lombok Timur, anggota Koramil Lombok Timur, dan anggota Polres Lombok Timur dengan target 400 kantong darah.

Sebagaimana disampaikan Direktur RSUD R Soedjono Selong, M. Hasbi Santoso, bahwa Acara Donor Darah masal ini merupakan kegiatan Rutin yang terus di laksanakan setiap Tahun dalam beberapa tahun. Dimana kegitan ini merupakan cara antisipasi jika di Rumah Sakit dan PMI Terjadi pengurangan Setok darah dan tak jarang pihak rumah sakit sesekali meminta bantuan ke Pihak PMI Lombok Timur Guna memenuhi kebutuhan dari pasien.

"Kita di Rumah sakit terus menjalin kerjasama yang baik antara PMI dan Rumah Sakit, jika terjadi kekurangan stok darah maka pihak rumah sakit dengan segera menghubungi kantor PMI untuk suplai kebutuhan tersebut," ucapnya. Senin, (5/6/2023).

Lanjut Hasbi, Kegiatan yang telah berlangsung beberapa Tahun ini telah membantu para pasien yang darurat dengan membutuhkan donor segera. Kegiatan donor darah ini memiliki dampak positif yang luar biasa bagi dunia kesehatan, terutama bagi pasien yang membutuhkan donor.

Secara pribadi, Direktur RSUD R Soedjono Selong tersebut mengucapkan rasa terimakasih yang tidak terhingga pada para donatur dan para pendonor yang telah sukarela mendonorkan darahnya untuk membantu masyrakat yang membutuhkan.

"Saya atas nama pribadi, atas nama Rumah sakit dan segenap tenaga kesehatan mengucapkan beribu terimakasih yang tidak terhingga pada para pendonor, saya berharap apa yang telah di sumbangkan bisa bermanfaat bagi masyrakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmi yang turut berpartisipasi untuk mengikuti acara tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang di lakukan pihak RS, Suedjono Selong tersebut, Ia berharap kegiatan positif tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat umum.

"Saya atas nama Bupati juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada para pendonor yang telah sukarela memnyumbangkan darahnya untuk kehidupan sesama," ungkapnya

Pemerintah Daerah akan melanjutkan kegiatan tersebut pada bulan Juni mendatang dengan cara memprogramkan dalam kurun waktu satu bulan 21 Kecamatan di Lombok Timur untuk melaksanakan kegiatan donor darah di masing-masing kecamatan.

Semua kegiatan itu akan dipusatkan di RSUD dr. Soedjono Selong, sehingga menjadi 22 lokasi tetap tempat pendonoran darah. Ia berharap langkah tersebut dapat menjadi solusi dalam memfasilitasi kekurangan darah di Rumah Sakit, karena setetes darah adalah kehidupan.

"Mengingat Setiap hari, puluhan orang membutuhkan transfusi darah untuk menyelamatkan hidup mereka dalam situasi darurat medis, kecelakaan, atau perawatan. Donor darah yang memastikan pasokan darah yang aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan medis" pungkasnya. (RS)