Daftar Isi [Tampil]

Laga final Lombok Timur Drag Bike 2023 sukses dilaksanakan IMI Cabang Lotim dilintasan sirkuit Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji yang dihadiri Kapolres Lotim dan Kodim 1615 Lotim.
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Ikatan Motor Indonesia (IMI) cabang Lombok Timur (Lotim) sukses gelar Lombok Timur Drag Bike 2023 yang dilaksanakan di lintasan sirkuit Suryawangi, Kecamatan Labuhan Haji selama 2 hari sejak Sabtu 8 Juli sampai 9 Juli 2023 sukses dilaksanakan hingga filnal.

Jumlah peserta yang ikut pada even Drag Bike 2023 tersebut tercatat sebanyak 500 orang lebih pembalap yang datang dari dari NTB, Bali, Jawa dan Jakarta, mengadu taktik dan mekanik di Patuh Karya Drag Bike 2023, Dimana semua joki Drag bike ini, bertarung di 23 kelas yang dipertandingkan dan Club Risa Motor Ademio Reacing raih prsetasi sebagai juara umum pada laga Final. Ahad (9/7/2023)

Pada sesi penutupan dan pembagian hadiah, Bupati Lotim melalui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lotim, Iswan Rakhmadi, menyampaikan ucapan terimakasih pada semua pihak, yang telah mensuksesman drag bike ini.

"Modal berupa sirkuit lokasi pacuan balapan kita sudah sangat kuat, dan bahkan terbaik menurut peserta kejuaraan, sebab lokasi sirkuit yang dipakai langsung dipinggir pantai Suryawangi yang indah yang tidak ditemukan ditempat lain," ucapnya.

Dilanjutkan Iswan, Tugas dan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) semua pihak yakni keberlanjujut dari Drag Bike ini, bagaimana mengelola tempat ini sebaik baiknya dengan memberikan kenyamanan untuk masyarakat dan memberikan rasa aman bagi para tim yang berasal dari luar Lotim yang menginap disekitar lokasi balapan.

"Bisa kita bayangkan, semakin lama event ini tentu akan semakin banyak pula perputaran uang. Mari kita terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Karena ini semua guna menekan balap liar," terangnya.

H.Maidy, SH Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Cabang Lombok Timur
Dikesempatan yang sama, H Maidy Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lotim,  mengatakan, patuh karya drag bike 2023 ini, terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim, Kapolres Lotim, Dandim 1615 dan pihak terkait lainnya.

"Kerjasama ini sangat luar biasa danudahan berkelanjutan,"tegasnya.

Dijelaskan H.Maidy, event bergengsi ini membuka wadah dan membuka ruang mencari bibit atlet. Nantinya, atlet yang dihasilkan dari setiap event, akan dibina, diasah dan sebagainya. Sehingga atlet daerah ini tampil dilevel yang lebih atas lagi. Dari itu, bersama pemerintah Lotim sampai seterusnya nanti. Para atlet-atlet potensial akan terus dilakukan pembinaan, agar menjadi atlet profesional.

"Alhamdulillah menurut para peserta dari luar lombok timur, sirkuit atau lintasan yang kita gunakan ini sesuai standar dan sangat bagus, sehingga dari luar NTB banyak yang batal datang karena cuaca buruk dilaut," terangnya

Disampaikan juga H. Maidy, dari pelaksanaan Darg Bike 2023 ini memberikan efek positif, mulai dari mencegah balap liar, pemberdayaan masyarakat lokal, pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), promosi pariwisata Labuhan Haji yang selama ini menjadi ikon Lotim dan sebagainya.

"Mudahan kedepan Daerah kita memiliki sirkuit permanen. Sebab lewat wadah ini yang didukung sirkuit, event seperti ini bisa terus berlanjut,"harapnya.

Dari 23 kelas yang dipertandingkan, Bebek Tune up 4L sampai dengan 200 cc open (Point), FU Porting 4L sampai dengan 155 cc lokal Bali NTB NTT, Bebek 4Tak sampai dengan 200 cc mesin horizontal open, Matic Tune Up sampai dengan 200 cc open (point), Bebek 2L tune up sampai dengan 116 cc open, campuran Bebek/sport TU 2 langkah sampai dengan 140 cc non bult up open, Bebek 4 Langkah TU sampai 200 cc lokal Bali NTB, Bebek 4 Langkah TU Rangka Standar  sampai 300 cc open, Sport 2L 155 cc rangka Std open (point), Sport 2L 155 cc rangka Std lokal Bali NTB dan NTT, Sport 2L 155 cc rangka Std lokal NTB, Matic TU sampai 200 cc lokal NTB.
Selain itu, kelas Bracket 8 detik, Bracket 9 detik, Beacket 9 detik (khusus joki perempuan), Bracket 10 detik, Kawasaki Ninja touring rangka standar sampai 155 cc open, Yamah F1ZR tauring rangka standar sampai 116 cc open, Matic 200 cc rangka Std open, FFA campuran sampai 300 cc open, Matic TU sampai 200 cc khusus wanita open, Matic rangka standar TU sampai 200 cc Lokal Lotim an exhibiton Herex Touring rangka standar sampai 300 cc lokal Bali NTB dan NTT.

Hadir dalam penutupan Lombok Timur Drak Bike 2023 tersebut Kapolres Lotim, Kodim 1615 Lotim, Pengurus IMI NTB, Kadis Pora Lotim, Kadis Perhubungan Lotim dan semua peserta pembalap Lombok Timur Drag Bike 2023 (RS)