Daftar Isi [Tampil]

Nonton bareng secara live, Kegiatan Kasad Award 2023 di Bale Langgak Makodim 1615/Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Kodim 1615/Lombok Timur (Lotim) gelar acara nontong bareng secara live kegiatan Kasad Award 2023 bertajuk apresiasi media bersama merawad kebangsaan. Giat nonton bareng tersebut berlangsung di Bale Langgak Makodim 1615/Lombok Timur. Senin malam (10/7/2023)

Nonton bareng live kegiatan Kasad award 2023 tersebut diahadiri Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, Kapolres Lotim AKBP Hery Indra Cahyono, SH., SIK., MH., Sekda Lotim Drs H.M.Juaini Taufik, M.AP, kejaksaan Negeri Selong, Insan Media Lombok Timur.

Sebagai inplemetasi Kegiatan Kasad Award 2023, Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro menyampaikan apa yang disaksikan pada malam ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kasad pada insan media online, dimana dengan tema merawat kebangsaan ini diambil dari beberapa isu strategis yang timbul secara nasional.

"Ini merupakan bagian dari tanggung jawab TNI, bagaimana bahasa mengatakan Tuhan itu tidak diberitahu pasti tahu, tetap manusia kalau tidak diberi tahu dia tidak akan pernah tahu," ucapnya.

Dengan beberapa probelem itu, sesungguhnya TNI sudah melaksanakan berbagai macam kegiatan untuk mencegah dan mengurangi dampak dari isu strategis nasional tersebut. Dari situlah Kasad selaku pimpinan TNI memberikan arahan pada semua prajurit TNI untuk melakukan giat dengan menggandeng insan media agar publik mengerti akan hal-hal yang sudah dilakukan oleh semua anggota TNI.

"Degan adanya kerjasama ini, Kami juga di Kodim mudahan dengan sinergisitas dengan teman-teman media bisa membuat pemberitaan yang tidak hoak tetapi pemberitaan yang nyata kami lakukan, bagaimana kami mengatasi kesulitan masyarakat," terangnya.

Kedepan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam hal stunting, dimana minimal dalam satu koramil itu ada yang menjadi bapak asuh. Mulai dari Dandimnya minimal dua sampai tiga orang akan diberikan asupan perbulannya.

"Kami akan mengajak para Danramil untuk melakukan hal tersebut dan selanjutnya akan kami melakukan sosialisasi mulaui dadi forkopimcam hingga forkopimda. Minimal ada hal-hal yang nyata kita bisa lakukan secara nyata," tegasnya.

Sementara itu sebelum dilakukan nomine, secara daring live, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu selaku dewan juri Kegiatan Kasad Award 2023 dalam sambutannya menyampaikan Awarding seperti ini sekaligus pemicu bagi insan pers agar terus berkhidmat dalam menjalankan fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada insan media online nasional yang telah memberikan secara masif isu nasional.

Pers kita "sedang tidak baik-baik saja", begitu semakin tingginya upaya abuse of power pada kehidupan pers, baik dari internal media maupun aspek eksternal.

Dikatakan Nanik, KASAD Award 2023 sangatlah istimewa. Bukan dalam kerangka lomba. Panitia KASAD Award yang melakukan peneropongan terhadap semua berita dari media siber di tanah air dalam kerangka human security.

Dewan Pers juga mendorong kepada anak muda, yang sangat fasih bermedia sosial, untuk mengamplifikasi berbagai persoalan dalam isu Human Security melalui konten-konten yang mencerahkan, dan oleh karena itu tentu saja perlu mencari dan menelaah referensi yang tepat.

10 Kategori Kasad Award Apresiasi untuk Media, yakni;
1. Keberagaman dan Toleransi
2. Melawan Radikalisme
3. Pengarusutamaan Gender
4. Inovasi Digital
5. Solidaritas Internasional
6. TNI AD Solusi Kesulitan Rakyat
7. Pembangunan di Daerah 3T
8. Perlindungan Anak
9. Menekan Stunting
10. Pelestarian Kebudayaan

Dalam sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, mengatakan, KASAD Award 2023 ini merupakan salah satu inisiatif untuk menyampaikan kepada publik bahwa pimpinan TNI Angkatan Darat, memiliki kepedulian yang tinggi atas isu-isu sosial di masyarakat.

“Media sejatinya merupakan “clearing house” atas segala informasi yang berseliweran di masyarakat. Pers sebagai salah satu pilar demokrasi sepatutnya turut menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tetangnya.(RS)