Daftar Isi [Tampil]

Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kabupaten Lombok Timur 
LOMBOK TIMUR - Radarselaparang.com || Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menggelar kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kabupaten Lombok Timur.  Rapat ini dihadiri oleh berbagai Instansi terkait pengawasan orang asing, mulai dari Kepolisian, TNI, Kepala Badan/Dinas Pemerintah Daerah hingga Camat di Kabupaten Lombok Timur. Dimana rapat tersebut berlangsung di Aula Rinjani Waterpark, Kamis (27/7/2023) 

Adapun Tema Rapat TIMPORA Kabupaten Lombok Timur tersebut mengusung tema "Membangun Sinergitas dan Kolaborasi Penegakan Hukum untuk Peningkatan Investasi di Wilayah Kabupaten Lombok Timur".

Rapat TIMPORA Kabupaten Lombok Timur dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB, Yan Welly Wiguna, dalam sambutannya, Kadiv Keimigrasian menyampaikan bahwa Pengawasan terhadap orang asing di wilayah NTB khususnya Lombok Timur tidak dapat terlaksana dengan maksimal tanpa bantuan dari berbagai stakeholder terkait. Sementara SDM yang di miliki Imigrasi sendiri sangatlah terbatas untuk dapat melakukan Pengawasan terhadap orang asing di seluruh wilayah Pulau Lombok.

"Sehingga kami sangat berharap sinergi dan kolaborasi kita semua sebagai anggota TIMPORA dapat terjalin dan semakin kuat sehingga kita bisa mewujudkan pengawasan terhadap orang asing yang optimal," ungkapnya.

Lebih lanjut Welly menyampaikan, Dimana masa saat ini, kedatangan orang asing di wilayah Indonesia merupakan hal yang tidak bisa hindari, namun selain membawa manfaat dari investasi dan kegiatan yang dilakukan di Indonesia, orang asing juga acap kali menyebabkan permasalahan bagi masyarakat.

"Sehingga Pengawasan Orang Asing menjadi salah satu hak krusial yang perlu sekali kita lakukan" jelasnya.

Selanjutnya Rapat TIMPORA dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber yaitu Kasi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Putu Agus Eka Putra. Dalam penyampaiannya menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan Rapat TIMPORA ini sebagai wadah dan sarana untuk pertukaran informasi dan koordinasi dengan sesama anggota TIMPORA sehingga bisa bersama - sama melakukan tugas dan fungsi pengawasan terhadap orang asing dengan maksimal sesuai amanat dari Undang - Undang. 

"Diharapkan dengan digelarnya Rapat TIMPORA Kabupaten Lombok Timur ini maka pengawasan terhadap orang asing di Pulau Lombok khususnya Kabupaten Lombok Timur dapat dilakukan dengan optimal untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman dan aman bagi masyarakat," harapnya.

Putu Agus juga mengikuti jalannya diskusi dan tanya jawab dengan peserta rapat didampingi oleh Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Reza Mulyawan selaku moderator.

Seluruh peserta sangat antusias dan aktif mengikuti jalannya diskusi dan membahas berbagai permasalahan dan isu - isu strategis yang terjadi di ruang lingkup kerja masing - masing instansi. (RS)