Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lombok Timur Drs H.M. Sukian Azmy MM bersama Kapolres Lotim AKBP Hery Indra Cahyono, SH.,SIK.,MH. Event seni budaya Batur Rumbuk kembali digelar. Batur Rumbuk IV
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Event seni budaya Batur Rumbuk kembali digelar. Batur Rumbuk IV yang berlangsung tahun ini dibuka secara resmi Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy di Masjid Jami' Al Wasilah Rumbuk, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan diawali penyambutan "Tamu Tanak Gadang Pringgasela", Dimana Bupati, Kapolres, dan sejumlah pimpinan OPD turut serta mempersiapkan bumbu yang akan digunakan dalam acara adat tujak ragi bleq.

Bupati Lotim Sukiman  Azmy mengparesiasi kerja semua pihak yang berkontribusi untuk keberlangsungan event yang diagendakan berlangsung selama dua hari hingga hari Ahad tanggal 27 Agustus 2023.

Bupati dan sejumlah undangan tampak mengupas bawang merah yang dan selanjutnya menumbuknya bersama beragam bumbu lain yang telah dipersiapkan dalam sebuah lesung itu.

Diungkap Bupati Sukiman sebelum membuka kegiatan tersebut, Tujak ragi bleq, mengandung filosofi koordinasi dan kebersamaan. Karena itu Ia mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari agenda tahunan Batur Rumbuk seraya mengajak untuk menyukseskannya bersama,

"Segala sesuatu kalau sendirian akan sulit terlaksana, akan tetapi bila dikoordinasikan dan dilakukan bersama akan meringankan dan lebih baik,” terangnya.

“Mari laksanakan sebaik-baiknya bersama,” imbaunya.

Dalam even ini terlibat tidak hanya pemuda rumbuk, melainkan juga pemuda dan masyarakat lain yang memiliki ikatan kultur dan akar yang sama yaitu Pringgasela dan Temanjor.

"Saya berharap segala kegiatan berjalan lancar dan mendatangkan keberkahan dan penyelanggaraan event ini tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya," pungkasnya.

Selain sejumlah acara adat, kegiatan ini juga diisi bazaar, hiburan, hingga kegiatan sosial seperti sunatan masal, dan berbagai lomba. (RS)