Daftar Isi [Tampil]

Sekda Lotim Drs H.M.Juaini Taufik, M.AP membuka acara Diseminasi audit kasus stunting tingkat Kabupaten Lotim
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim) gelar acara diseminasi Hasil Audit Kasus Stunting  Kabupaten Lombok Timur yang dilaksanakan oleh  di Rupatama I Kantor Bupati. Senin (8/7/2023)

Acara dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) HM. Juaini Taufik dimana acara tersebut bertujuan untuk menyampaikan temuan dan langkah-langkah pencegahan lebih lanjut terkait masalah stunting yang menjadi perhatian serius di Kabupaten Lombok Timur.

Dalam sambutannya Sekda Juaini menyampaikan pentingnya kesadaran bersama dalam menangani masalah stunting. Ia juga menekankan peran penting semua pihak, baik Pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta, untuk berkontribusi aktif dalam memerangi stunting dan meningkatkan kualitas kesehatan generasi muda.

"Tentu dengan harapan agar momentum audit kasus stunting tersebut dipertahankan guna mengukur data stunting yang ada di Lombok Timur," ucapnya.

Selain itu, Sekda Juaini mengingatkan pentingnya mengatasi kasus stunting tersebut mengingat penyebab stunting bukan hanya disebabkan oleh kekurangan gizi, penyakit ataupun pola asuh, namun faktor ekonomis, sosial dan lingkungan juga memberi pengaruh yang signifikan. Untuk itu, ia menegaskan pentingnya semua pihak bekerjasama dalam menurunkan angka stunting di Lombok Timur.

"Nilai hasil audit pada saat ini adalah yang paling pantas, sehingga dari data yang spesifik tersebut Pemerintah Daerah mampu mengatasi tingkat stunting di Lombok Timur," terangnya.

Sekda Nuaini berharap, diseminasi hasil audit kasus stunting ini akan mendorong peran aktif seluruh stakeholder dalam menjalankan program-program pencegahan stunting. Dengan adanya kesadaran dan kerjasama yang kuat, diharapkan jumlah kasus stunting dapat berkurang secara signifikan di Kabupaten Lombok Timur.

"Sehingga menjelang berakhirnya masa Pemerintahan Presiden Jokowi Lombok Timur bisa menjadi Kabupaten yang memiliki angka stunting dibawah angka yang ditetapkan secara Nasional," pungkasnya.

Dalam diseminasi tersebut, para peserta mendapatkan gambaran mendalam tentang faktor-faktor penyebab stunting, data prevalensi stunting di Kabupaten Lombok Timur, serta berbagai program yang telah dan akan dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, berbagai rekomendasi dan strategi untuk memperkuat upaya pencegahan stunting juga menjadi bagian penting dalam acara tersebut. (RS)