Daftar Isi [Tampil]

Seminar membangun semangat eksepor untuk peningkatan ekonomi nasional oleh Anggota DPR RI Dapil NTB. H.M.Syamsul Lutfi, SE., M.Si
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bersama badan pengusaha batam menggelar seminar membangun semangat ekspor untuk pertumbuhan ekonomi sosial di wilayah Lombok Timur. Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan di wilayah Sembalun. Senin (21/8/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut deputi bidang administrasi dan keuangan badan pengusaha batam, perwakilan perangkat desa, pelaku usaha dan masyarakat setempat.

Anggota komisi VI DPR Republik Indonesia, HM, Syamsul Luthfi menyampaikan, Pertumbuhan ekonomi suatu wilayah dipengaruhi oleh keunggulan kompetitif yang dimiliki wilayah tersebut, pasalnya Pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah akan meningkat semakin cepat ketika wilayah tersebut dapat mendorong kegiatan ekspor melalui sektor-sektor dengan keunggulan kompetitif yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan adanya efek pengganda (multiplier effect) akibat peningkatan ekspor yang akan memberikan pengaruh cukup besar pada perekonomian wilayah tersebut.

“Ekspor suatu negara memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Ekspor dapat menyuplai anggaran negara melalui pendapatan dan mata uang asing yang dapat digunakan untuk memperbaiki infrastruktur dan menciptakan iklim investasi yang menarik di semua daerah," ucapnya Anggota DPR RI Dapil NTB tersebut.

Selain itu, Badan Pengusaha Batam menjadi kawasan Industri modern yang berorientasi ekspor, hal ini ditunjukkan oleh nilai ekspor yang menunjukkan tren yang positif, tercatat ekspor Batam dalam tiga tahun terakhir menunjukkan kenaikan yang signifikan, tercatat ekspor Batam pada tahun 2020 USD 9.5 juta, 2021 USD 10.1 juta, kemudian tahun 2022 naik USD 15.5 juta.

Sementara untuk Pertumbuhan ekonomi Batam juga menunjukkan tren positif setiap tahun, bahkan pada tahun 2022, untuk laju pertumbuhan ekonomi Batam melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, dimana Batam mencatatkan pertumbuhan 6.84 persen, sedangkan nasional 5,03 persen.

H.M. Syamsul Lutfi Anggota DPR RI besama Badan Pengusaha Batam dalam seminar membangun semangat eksepor untuk peningkatan ekonomi nasional.
Sehingga dengan kondisi ini batam memiliki keistimewaan dalam dunia perdagangan bebas yang sekaligus memiliki kawasan ekonomi khusus, dan  Batam juga didukung oleh infrastruktur dan kebijakan yang mendukung tumbuhnya iklim investasi secara nasional.

Sementara itu, Deputi bidang administrasi dan keuangan Badan Pengusaha Batam Wahyu Triwidyo kuntoro menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan di Lombok timur sebagai ajang memperkenalkan usaha yang dilaksanakan oleh badan pengusaha batam, yang mana dalam memberikan motivasi kepada masyarakat dalam menjalankan usaha dengan baik disetiap daerah.

Selain itu Badan Pengusaha Batam juga memberikan peluang bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha, terlebih Lombok timur terkenal dengan daerah umkm, yang nantinya bias sebagai pendukung usaha namun umkm yang dikirim harus berkualitas, seperti ketring, sopnir dan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lainnya yang bias bersaing di pasar modern.

"Di Lombok Timur sendiri bisa sebagai pendukung namun UMKM harus memiliki kualitas pendukung," pungkasnya. (*)