Daftar Isi [Tampil]

Rektor dan Civitas Akademika UNW Mataram
MATARAM - Radarselaparang.com || Sejumlah Ribuan Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) mengikuti pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023.

Kegiatan berlangsung di lapangan UNW Mataram, Jalan Kaktus No. 1-3 Mataram, pada hari Senin (28/08/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UNW Mataram Dr. H. Lalu Abdul Muhyi Abidin, MA, Wkil Rektor 1 H. Muhammad Syukri, PLT. Wakil Rektor 3 Lale Yaqutunnafis, seluruh Dekan Fakultas, Kaprodi dan Dosen se-UNW Mataram.

Ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Dr. Hj. Sukmawati menyanpaikan, Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa baru sebagai kegiatan wajib bagi setiap perguruan tinggi, tak terkecuali UNW Mataram.

Pergeseran pemikiran, sikap dan tingkah laku, bahkan psikologi, dimulai dari kegiatan orientasi yang di lalui oleh seluruh mahasiswa baru.

"PKKMB atau orientasi Mahasiswa Baru, adalah fase awal yang wajib untuk ditempuh. Pada fase inilah perubahan tingkah laku, pemikiran dan psikologi mahasiswa itu dibentuk," ujar sukmawati.

Lanjut Sukmawati, Universitas Nahdlatul Wathan telah banyak berpartisipasi dalam program-program pemerintah, salah satunya Program Pertukaran Mahasiswa, Program Kampus Mengajar, dan program pengabdian lainnya, baik yang bertaraf Nasional maupun Internasional.

"Adek-adek Mahasiswa baru suapaya memperkuat potensi dimasing-masing bidang dan jurusan, adek-adek kedepan juga punya kesempatan mengikuti program-program kampus, salah satunya pertukaran Mahasiswa," katanya.

"Kita tidak kalah dengan kampus lainnya, terbukti kita sudah beberapa kali mengirim mahasiswa ke luar negeri mengikuti program pertukaran mahasiswa," imbuhnya.

Menutup sambutannya, Ketua PMB Dr. Hj. Sukmawati menyampaikan penggalan pantun yang dipersembahkan untuk Peserta PKKMB.

Lombok Kaya akan pantai yang indah;
tak kalah enak penyaman khasnya;
Generasi muda rindu ilmu dan petuah;
Melangkah gagah menuju kampus warisan maulana.

Pesona rinjani terlukis penuh wibawa,
Sejuk dipandang sambil bercrngkrama;
Jika menuntut ilmu mencarin ridho Allah;
Mahasiswa UNW kelak akan berjaya.

Senada dari itu, Ketua Panitia PKKMB  Dr. Bardi menghimbau kepada Mahasiswa dan Mahasiswi baru utuk terus berinovasi dalam meningkatkan pengetahuan.

Dikatakan Bardi, Kampus hanya memberikan arahan, lebih dari itu Mahasiswa diminta mandiri untuk membangun potensi dan skilnya masing-masing. Hal itu disebutkan Bardi, selaras dengan visi kampus mardeka.

"Kampus hanya beberapa persen memberikan pengetahuan, selebihnya Mahasiswa harus kreatif, dan inovatif dalam belajar," pungkasnya.

Sementara itu Rektor UNW Mataram Dr. H. Lalu Abdul Muhyi Abidin, MA saat membuka kegiatan PKKMB mengatakan, era digital saat ini mengharapkan Mahasiswa untuk mandiri. Kecanggihan Informasi dan tegnologi hanya mengharapkan setiap orang untuk bisa mengoperasikan komputer. "Kalian harus menjaga beberapa hal, dari status siswa menjadi Mahasiswa, mandiri, dan kreatif," jelasnya.

"Kalau dulu orang belajar hanya mencari ilmu pengetahuan, tapi sekarang Mahasiswa harus melakuka research, dan skill," imbuhnya.

Menutup sambutannya, Dr. L. Muhyi berharap Mahasiswa baru yang ikut PKKMB bisa menjaga almamater kampus, sejak mereka tercatat sebagai Mhasiswa hingga mereka jadi sarjana nanti.

"Jaga Almamater, semoga kalian mendapat ilmu yang barokah," pungkasnya.

Usai memberikan sambutan Rektor UNW Mataram membuka secara resmi kegiatan PKKMB, yang akan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan pita, yang menandakan PKKMB resmi berjalan sampaì dengan batas waktu yang sudah ditentukan. (*)