Daftar Isi [Tampil]

Pelepasan peserta pawai alagoris semarak HUT RI ke 78 tahun 2023 oleh KKM/RA Kecamatan Suralaga
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Madrasah (Sekolah - red) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kecamatan Suralaga dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dengan sangat meriah selenggarakan berbagai kegiatan semarak sambut Hari Ukang Tahun Republik Indonesia (HUt RI) ke 78 tahun 3023 yang dimulai dengan pawai alagoris. Sabtu (19/8/2023)

Ketua panitia kegiatan semarak HUT RI ke 78  kelompok kerja Madrasah/RA Kecamatan Suralaga, H. Ma'ruf, M.Pd menyampaikan Dimana pawai ini khusus bawah naungan kementrian Agama (Kemenag) dengan diikuti 58 kontigen terdiri atas RA 12, MI 20, MTs 14, dan MA/MAK 12. star dari lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Iman Wa Taqwa Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia dan finis depan Alfamart Dess Krongkong, Kecamatan Suralaga.

"Kegiatan ini terselenggara berdasarkan usulan kepala-kepala Madrasah dan RA," ucap Sekretaris Ponpes Darul Iman Wa Taqwa (DIT) Borok Tumbuh tersebut.

Diterangkan H. Ma'ruf bahwa kegiatan yang diselenggaran untuk semarak HUT RI 78 tahun 2023 ini bertemakan "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Ini menunjukkan semangat Madrasah dalam menyambut hari merdeka, ini bukan untuk membedakan adanya kegiatan dari Pemerintah kecamatan melalui Dikbud tetapi ini semata semangat kemerdekaan dengan lebih terkoordinir dan tertib.

"Mencoba untuk mandiri lembaga pendidikan Madrasah di bawah naungan kemenag agar lebih semarak menumbuhkan semangat juang, bukan untuk membuat saingan atau menandingi," terangnya.

"Untuk menambah semangat para kontigen yang mengikuti pawai alagoris, pihak pihak panitia menyiapkan piala dan penghargaan yang dinilai oleh juri independen," sambungnya.

Tentu dengan penyelenggaraan semarak yang pertama kali dilakukan secara mandiri ini akan terus dilakukan setiao tahunnya dengan meningkatkan jumlah partisifasi lembaga dan masyarakat.

"Dengan harapan Kegiatan ini berjalan dengan lancar aman dan tertib, dan tentunya akan tetap dijalankan setiap tahunnya dengan kombinasi kegiatan yang lebih komplit dan lebih berpareasi di tahun-tahun berikutnya," harapnya.

Dimana kegiatan semarak HUT RI ke 78 ini diselanggarakan selama tiga hari dengan rondon acara Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 dilakukan Pawai Alagoris sekaligus pembukaan acara kegiatan, Senin tanggal 21 Agustus 2023 Lomba mewarnai dan lari karung tingkat RA/PAUD bertempat di  lapangan Ponoes DIT Borok Tumbuh, senjutnya pada hari selasa tanggal 22 Agustus 2023 lomba gerak jalan indah MI, dan hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 lomba gerak jalan indah tingkat MTs, MA, MAK.

Sebelum dimulai acara dilakukan pembukaan acara, tampak di panggung penghormatan Camat Surlaga diwakili kasi Trantif Abdul Gafur, S.IP, Kapolsek Suralaga, IPDA Bambang Supriyanto, Danposramil Suralaga, ketua Panitia, kepala Desa Tumbuh Mulia selaku tuan rumah, dan kepala Madrasah se Kecamatan Suralaga.

Diawali dengan barisan bendera merah putih dan ikuti dibelakangnya barisan peserta dengan berbagai kreasi siswa madrasah ditunjukkan saat mengikuti pakai, mulai dari pakaian tradisional, kesenian, dan profesi, serta alat-alat musik yang meambah semarak dari jalannya pawai alagoris itu. (RS)