Daftar Isi [Tampil]

Pertama setelah menjadi Desa Definitif Desa Pajangan gelar lomba Hut Kemerdekaan RI
LOMBOK TENGAH Radarselaparang.com ||  Resmi menyandang Desa Definitif pada September 2022 lalu, Desa Pajangan, Kecamatan Kopang terus berbenah demi mengoptimalkan potensi yang ada didesa baik Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya menggelar acara sambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan ke - 78  Negara Kesatua  Republik Indonesia (NKRI) yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

Momen Kemerdekan menjadi momen tepat bagi pihak desa mulai menciptakan iklim birokrasi yang sehat, dengan membentuk karang taruna pada awal bulan Agustus 2023 ini. Ragam kegiatan dioptimalkan, Satu diantara momen yang tak terlewat adalah HUT RI Ke-78 tahun 2023 ini.

Terbukti, dari pembentukan tersebut, karang taruna yang ada mulai berkegiatan dengan mengoptimalkan momen HUT RI ke-78.

Dengan mengangkat tema "Langkah Bersama Pemuda di Hari Kemerdekaan" karang taruna mulai merangkul semua epemen masyarakat menciptakan beragam kegiatan dari mulai perlombaan hingga pameran potensi desa pada giat karnaval.

"Walaupun waktunya mepet, dengan semangat bersama pemuda kita optimis mensukseskan giat di HUT RI ke-78 ini," ucapnya Aryadi Ketua Karang Tatuna Desa Pajangan, Selasa (15/8/2023).

Dikatakannya, rangkaian kegiatan dimulai pada hari Selasa (15/8/2023) diisi dengan kegiatan lomba 17 pada umumnya. Lomba tersebut diikuti semua tingkat umur, dari TK/Paud, SMP/MTs, SMA/Aliyah, hingga dengan kategori umum.

Lombanyapun beragam, dari mulai balap sendok kelereng, makan kerupuk, balap karung, memasukkan batu dalam botol, hingga panjat pinang.

"Total ada 5 perlombaan yang digelar, dengan diikuti oleh masyafakat dari 6 dusun definitif dan satu dusun persiapan," jelasnya.

Dijelaskannya, lomba hiburan ini semata-mata mempererat tali silaturrahmi antar dusun, sekaligus sebagai ajang perkenalan karang taruna desa pajangan ke masyarakat yang ada.

"Walaupun ini kegiatan pertama kita sebagai karang taruna, dan kegiatan pertama desa setelah definitif, namun alhamdulillah uforia semangat maayarakat sudah mulai terasa," ungkapnya.

Selain lomba hiburan yang berlangsung selama dua hari, akan ada acara puncak pada Kamis (17/8/2023) mendatang, para remaja akan berpartisipasi oada apel HUT RI ke-78, bersama dengan Babinkamtibmas desa hingga siswa dan siswi tingkat SD dan SMP yang ada dalam wilayah desa pajangan.

Nantinya giat akan ditutup dengan acara karnaval dan lomba panjat pinang.

"Diacara karnaval kita ada kejutan, dimana disana kita tonjolkan potensi-potensi desa pajangan, semisal kerajinan tangan ayaman yang nantinya akan dipamerkan oleh peserta karnaval yang ada," pungkasnya. (*)