Daftar Isi [Tampil]

AKBP Herry Indra Cahyono, SH., S.IK., MH. Kapolres Lombok Timur saat press release ops Jaran Rinjani 2023
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Jelang perayaan puncak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78. Polres Lombok Timur (Lotim) gelar press release hasil ops Jaran Rinjani 2023 yang dipimpin langsung Kapolres Lotim, didampingi Wakapolres dan jajaran polres Lotim bertempat di halaman Kapolres Lotim. Rabu (16/8/2023)

Dalam penyampaiannya, AKBP Herry Indra Cahyono, SH., S.IK., MH. Menyampaikan jajaran polres Lotim telah melakulan oprasi Jaran Rinjani 2023 yang dilaksanakan sejak tanggal 31 Juli hingga 13 Agustus 2023. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut Polres Lotim melalui Satreskrim berhasil mengungkap 40 kasus Laporan Polisi (LP) berhasil di ungkap dan dari 40 itu terdiri atas 3 menjadi TO dan 37 Non TO.

"Dari 40 laporan Polisi yang berhasil di ungkap tersebut 29 diantaranya Laporan Polisi terkait Curat, 1 Laporan Polisi tentang Curas, dan 10 Laporan Polisi tentang curanmor," ungkapnya. 

Diterangkan Hery, Pada Ops Jaran Rinjani 2023, sebanyak 74 tersangka berhasil diamankan dengan barang bukti yang diamankan 14  unit sepeda Motor, 2 unit sepeda dayung, 33 buah HP, 10 Pakaian yang dikenakan pelaku saat melakukan aksi, 1 buah tas selempang, 3 buah bilah parang, uang tunai sebanyak 413.000 rupiah, 3 buah laptop, 6 buah kunci Liter T, 1 buah tabung Gas 3 kg, 1 unit bor listrik, dan 1 bungkus rokok. Dari 74 tersanga terdapat 5 orang residivis dalam kasus pencurian

"Adapun pasal yang disangkakan pada pelaku, yakni untuk Curat dan Curanmor dikenakan pasal 363 KUHP dan untuk pasal Curas dikenakan pasal 375 KUHP. Dimana ancaman hukuman pidananya 7 tahun maksimal 9 tahun penjara," terangnya.


Disampaikan Hery, Bila dibandingkan dengan tahun lalu ada peningkatan, dimana tahun 2022 lalu sebanyak 30 Laporan polisi yang dingkap, sedangkan sampai Agustus 2023 ini sebanyak 40 Laporan Polisi terungkap.

"Dari hasil pengungkapan laporan polisi ini, untuk jajaran Polda NTB, Polres Lotim menempati urutan ke dua," sebutnya.

Diakhir penyampaiannya, Kapolres Hery menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap tindak kejahatan di sekitar, bila memakai kendaraan bermotor hendaklah memasangkan kunci tambahan sehingga bisa memperlambat waktu kejahatan khususnya curanmor.

"Mari kita bersama-sama untuk selalu menjaga kantibmas di wilayah Lombok Timur agar selalu aman, tertib, nyaman, dan damai," himbaunya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Barang Bukti (BB) kepada pemilik berupa sepeda dayung dan Hand Phone. Salah satu masyarakat yang mengambil barangnya yang sempat hilang tersebut, Umar warga BTN Gria Pesona Magadi Dengen, Kecamatan Selong.

Ia sangat bersyukur dan haru berkat adanya Ops Jaran Rinjani 2023 ini, karena dengan Ops tersebut sepeda dayungnya yang hilang dapat ditemukan oleh aparat kepolisian dalam rentan waktu 2x24 jam, sangat terasa dengan adanya oprasi ini sebagai masyarakat merasa keberadaan aparat kepolisian selalu ada di tengah-tengah masyarat.

"Saya sangat berayukur barang yang semoat hilang dapat ditemukan kembali, dan saya mengucapkan banyak tetima kasih atas kerja aparat kepolisian Lombok Timur atas keprofesionalannya dalam menjalankan tugas," ungkapnya. (RS)