Daftar Isi [Tampil]

Lomba semarak menyambut hari kemerdekaan NKRI yang ke - 78 di Desa Bintang Rinjani
LOMBOK TIMUR - Radarselaparang.com || Masyarakat Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suaralaga, meriahkan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI)ke - 78 diwarnai dengan berbagai kegiatan dari lomba tradisional siyon bakak hingga gerak jalan yang penuh dengan yel-yel yang menggundang canda tawa para masyarakat.

Ikut dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Karang Taruna Panji Rinjani kerjasama dengan Mahasiswa KKN dari IAIN Mataram dan STMIK Syaikh Zainuddin NW Lombok Timur itu disambut dan didukung penuh oleh pemerintah Desa dan masyarakat.

"Kegiatan tahun ini merupakan yang sangat meriah karena antusias masyarakat yang ikut baik dari anak-anak hingga orang tua," ungakap ketua panitia Ruslan Zain.

"Tentu semua ini dengan tujuan membangkitkan semangat Nasionalisme pada semua masyarakat dengan mengingat hari kemerdekan negara kita" sambungnya.

Bagaimana tidak meriah, dari pantauan media ini, kemarin Ahad 13 Agustus 2023 diadakan perlombaan sendok kelereng diikuti anak tingkat TK, lari karung pakai helm, hingga siyon bakak yang pesertanya dari ibu-ibu rumah tangga di tiga kekadusan di Desa Bintang Rinjani.

"Saya ikut karena ingin memeriahkan hari merdeka, dari dulu tidak pernah ikut begini," kata inaq Quratul Aini, salah salah seorang peserta siyon bakak. yang walaupun kalah tapi dirinya ceria dan bahagia ikut lomba.

Begitupun dengan peserta yang lain. Sambil canda tawa penuh bahagia usai mengikuti lomba. Malah menginginkan tahun berikutnya tetap dilakukan.

"Saya sangat senang ikut, apalagi bisa masuk final lawan antar dusun," ungkap Inaq Satriah.

Dan kembali hari ini dilakukan lomba gerak jalan dari tingkat SD, SMP dan umum. Dimana para peserta yang didominasi oleh kalangam ibu-ibu rumah tangga dari semua RT di tiap dusun dengan melantangkan yel-yel yang mengandung tawa dan pareasi yang beragam.

"Hari ini kita melakukan acara gerak jalan, besok pawai Alagoris, dan nanti puncaknya pada tanggal 17 Agustus 2023 tepatnya hari kamis kita melakukan apel bendera yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat bertempat di Lapangan Ponpes Saadatuddarain NW Majuet " ungkap H. Nasrun, Kepala Desa Bintang Rinjani.

Dari semua kegiatan, pihak pemerintah Desa bersama panitia lomba sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian bekerjasama dengan Badan Keamanan Desa (BKD) yang tentunya demi keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.

"Semua sudah kita koordinasikan dengan semua lembaga yang ada di desa, pihak kepolisian, dan BKD. Insyaallah semua berjalan dengan aman dan kondusif," tutup Sekdes Bintang Rinjani, Muh. Hamdi. (RS)