Daftar Isi [Tampil]

Peringatan Hari Veteran Nasional tingkat Provinsi NTB tahun 2023 yang dilaksanakn di pendopo Bupati Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2023 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaksanakan di Pendopo Bupati Lombok Timur (Lotim) Dimana Peringatan tahun ini mengusung tema "Dengan Jiwa dan Nilai- nilai Juang 45 LVRI Ikut Serta Menyukseskan Pemilu 2024 dan Konsisten Untuk Melanjutkan Pembangunan Nasional". Kamis (10/8/2023)

Bupati Sukiman dalam sambutannya menyadur ungkapan Proklamator RI Soekarno mengingatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

"Alasan itulah Pemda Lotim dengan bangga menyelenggarakan peringatan hari veteran nasional tahun 2023," ucapnya.

Bupati Sukiman mengingatkan pentingnya menyosialisasikan hari veteran guna membangkitkan semangat dan menjiwai semangat 45. la menilai generasi muda nyaris tidak peduli dengan hal itu. Apalah lagi mengenal para pejuang yang berasal dari Lombok Timur semisal TGH. Faisal dan sejumlah nama lainnya.

"Harus ada sosialisasi terkait hari veteran, karena generasi saat ini banyak yang tidak tahu. Dengan demikian anak-anak bisa didorong untuk membangkitkan semangat veteran di jiwa generasi muda saat ini," ungkapnya.

Pemotongan tumpeng oleh veteran
Lebih lanjut Bupati Sukiman mengajak para veteran untuk memanfaatkan salah satu sudut Gedung Pemuda dan Mahasiswa. Di masa lalu, lokasi tersebut merupakan lokasi pertempuran tahun 1947 mempertahankan kemerdekaan. Ia mengusulkan untuk memanfaatkan salah satu sudutnya menjadi museum dengan meminta para veteran dapat memberikan musem sebagai sumbangsih seperti foto untuk catatan materi sejarah perjuangan atau benda bersejarah lainnya.

"Dengan begitu dapat disaksikan sebagai bahan pelajaran bagi generasi muda," harapnya.

Sejalan dengan tema, Bupati  Sukiman juga meminta veteran ambil bagian berperan aktif menyukseskan Pemilu 2024 dengan memilih calon yang dinilai mampu menyerap dan memiliki keberpihakan kepada kepentingan veteran, utamanya untuk kesejahteraan.

Terakhir, Bupati mempersilakan para Veteran yang belum miliki kediaman menempati Rusun, baik di Labuhan Haji maupun di Labuan Lombok sebagai bentuk penghargaan kepara legiun veteran.

Sementara itu Ketua DPD LVRI NTB, H. Abdul Kadir mengajak segenap anggota LVRI NTB untuk senantiasa menjaga nilai-nilai pancasila dan UUD 1945. Termasuk dalam mensukseskan pemilu 2024 dan konsistensi melanjutkan pembangunan nasional.

Acara dilanjutkan dengan mengikuti secara peringatan Hari Veteran Nasional secara virtual yang diikuti DPD LVRI se-Indonesia.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy. Turut hadir juga Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) NTB, unsur Forkopimda Lotim, Kadinsos, Kejari Lotim dan keluarga besar veteran RI NTB. (RS)