Daftar Isi [Tampil]

Panggung utama Ad-dzikrol Hauliyah MDQH As-Syafi'iyah Al-Majidiyah ke 58 tahun 1445 H/2023 M di Anjani Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Pengajian Ad-Dzikrol Hauliyah Ma'had Darul Quran wal Hadist (MDQH) Al-Majidiyah As-Syafi'iyah Nadlatul Wathan (NW) ke 58 di Anjani Lombok Timur yang dirangkaikan dengan haul ke 22 tahun wafatnya Guru besar Almagrulahu Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdulah Abdul Madjid dibanjiri Thullab dan Tholibat baru, Mutaharrijin dan Mutaharrijat dan jamaah NW secara umum bertempat di Majlis Dakwah Hamzawadi II Komplek Masjid Jami' MDQH NW Lombok Timur. Ahad (3/9/2023)

Sebagai tradisi yang terus menerus dilakukan sejak pendiri yakni Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dan dilanjutkan oleh cucunya Maulana Syaikh TGKH Lalu Gede Muhammad Zanuddin Ats Sani,LC., M.PdI selaku PBNW dan juga sebagai Amidul Ma'had atas nama Ummuna Hj Siti Raihanun ZAM selaku Rois Am' PBNW menerima thullab dan tholibat baru dari perwakilan wali di masing-masing daerah dengan istilah menerima mayung sebungkul untuk didik menjadi insan yang paham ilmu agama

Tahun dirosah (tahun ajaran -red) 1445 H/2023 M ini MDQH NW Anjani Lombok Timur menerima tullab sebanyak 1.672 orang terdiri atas 843 orang banin (laki-laki) dan 825 orag banat (Perempuan). Selanjutnya dilakukannya sumpah bai'at pada thullab tholibat baru yang dipandu oleh Amidul Ma'had Maulana Syaikh TGKH Lalu Gede Muhammad Zanuddin Ats Sani,LC., M.PdI.

Mutahrrijat MDQH ke 58 dirosah 1445 H/2023 M
Dalam laporanya, Ahmad Julfan Azhuri selaku ketua Panitia Ad-dzikrol Hauliah (Panzik) MDQH ke 58, menyampaikan bahwa Adzikrol ini merupakan tradisi yang terus menerus dilakukan sejak pendirinya dan juga sebagai ajang silaturahim pengurus organisasi, alumni dan jamaah NW secara umum.

Ia juga menyampaikan sebelum acara puncak telah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya Sholawatan Akbar, Hiziban Akbar, Seminar Falaqiyah, Khotaman Al-Quran, cukuran massal dan pengijazahan kitab bagi Thullab yang tamat tahun ini.

"Dan hari ini acara puncak perayaan Ad-Dzikrol Hauliyah. Semoga ini menjadi  salah satu catatan sebagai amal ibadah kita dan ngiring Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid masuk surga bigairi hisab," pungkasnya.

Sementara itu, TGH Zaini Abdul Hanan LC., M.PdI. selaku Wakil Amidul Ma'had menyampaikan sebelum menyebutkan tamatan terbaik dirosah 1445 H/2023 M dimana beliau mengingatkan pada tullab baru, Barang siapa yang tidak betul-betul menjalani untuk menuntut ilmu yang artinya kadang masuk belajar maka tidak akan mendapatkan ilmu yang semestinya utamanya dari sisi keberkahan akan beda dari yang betul - betul menuntut ilmu.

Dimana disebutkan tahun dirosah 1445 H/2023 M menamatkan sebanyak 1342 orang terdiri atas 579 banin 763 banat dengan tamatan terbaik yang disebutkan 25 banin dan 17 banat dan hafiz 30 juz sebanyak 130 orang pada angkatan 58 yang di dukung oleh LPTQ Syaikh Zainuddin dibawah bimbingan Dr Hasan Zaini.

Juara umum pertama Thullab atas nama Abdul Kirom dan saat ini sudah menjadi duta NW di Padang dan sudah mengabdi disana, Sementara Tholibat peringkat pertama, yakni Baiq Amrina Rosyada. Dilanjutkan dengan pemberian piagam secara simbolis.

Thullab baru MDQH Dirosah 1445 H/2023 M
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Ikatan Mutaharrijin Mutaharrijat (IKAMA) TGH Muhamnad Khairul Fatihin QH., MM, dari Masyaikhul Ma'had H.L. Anas Hasri, QH Ashaulaty dan pengajian Adzikrol Hauliyah ke-58 oleh Syaikh asal Makkah Al Mukarromah Masyaikh Madrasah As Shaolatiyah yakni Syaikh Mustofa Muzayyan Attilim Sani yang diterjemahkan oleh Masyaikhul Ma'had TGH Syahri Ramadan,MH.
Pebgajian Ad Dzikrol Hauliyah ke 58 oleh Syaikh asal Makkah Al Mukarromah Syaikh Mustofa Muzayyan Attilim Sani yang diterjemahkan oleh Masyaikhul Ma'had TGH Syahri Ramadan,MH.
Dikesempatan itu juga ada kejutan dari Lale Syifaunnufus pada Tullab dan Tholibat MDQH yang mendaftar sebagai Mahasiswa baru IAIH NW Lombok Timur pada Ad Dzikrol ke 58 ini dengan menanggung biaya 100 pendaftar pertama di hari ini dan langsung menyerahkan uangnya saat itu.

Diakhir acara sebelum Irsyad watujihat PBNW Maulana Syaikh TGKH Lalu Gede Muhammad Zanuddin Ats Sani,LC., M.PdI dilakukan penyerahan secara simbolis buku pelajaran Ke-NW-an Tingkat MTs/SMP, MA/SMA/SMK yang telah disusun secara sistematis sesuai tuntutan kurikum oleh ketua Ikatan Sarjana NW, Dr Mugni sn,M.Kom., M.Pd didampingi Tim Penyusun Hairul Razak Hanafie,M.Si dan Dedy Efendi,SH., M.Pd.

Hadir pada kesempatan tersebut, Rois Am' Ummuna Hj Siti Raihanun ZAM, PBNW sekaligus Amidul MDQH Maulana Syaikh TGKH Lalu Gede Muhammad Zanuddin Ats Sani,LC., M.PdI bersama Sekjend PBNW, Masyaikhul MDQH, jajaran pengurus organisasi dari tingkat Pusat hingga ranting, thullab tholibat baru 1672 orang, Mutaharrijin muraharrijat (alumni MDQH -red) dari berbagai tingkatan, tamu undangan, dan jamaah NW yang membanjiri lokasi acara. (RS)