Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lotim H.M.
Sukiman Asmy saat peluncuran aplikasi Siaga

LOMBOK TIMUR - Radarselaparang.com
|| Bupati Lombok Timur (Lotim)  resmikan peluncuran aplikasi Siaga Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) dalam rangka melakukan penertiban administrasi pajak MBLB, hal itu dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) peresmian peluncuran tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Rupatama I.  Selasa (5/9/2023).

Dalam sambutannya Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengucapkan rasa terimakasih kepada semua pihak terutama kepada Badan Pendapatan Daerah berkolaborasi dengan Dinas Kominfo dan Persandian bekerja sama dengan Bank NTB Syariah, dimana telah merancang aplikasi Siaga MBLB tersebut.

"Untuk mengurangi ketergantungan Pemda terhadap Pemerintah Pusat dikarenakan sebagian besar APBD Lombok Timur masih mengandalkan anggaran transfer dari Pusat," ucapnya.

Lanjut Bupati Sukiman, terlebih lagi berkurangnya kewenangan Pemda yang berpotensi untuk dijadikan PAD, sehingga dengan adanya inovasi, kreasi dan gagasan.

"Melalui program aplikasi Siaga MBLB yang diluncurkan tersebut diharapkan mampu mengoptimalisasi penarikan retribusi secara tepat, cepat dan transparan," terangnya.

Menurut Bupati Sukiman keberadaan aplikasi tersebut juga merupakan langkah maju untuk meningkatkan penguasaan teknologi sekaligus literasi digital masyarakat Lombok Timur yang dinilainya masih rendah. Aplikasi SiAga MBLB diharapkan dapat mengoptimalkan pemungutan pajak MBLB melalui pelaporan pemungutan secara realtime, dan manajeman data pajak secara elektronik.

Dengan demikian dalam pengoprasiannya melalui Akun SiAga MBLB nantinya akan melibatkan petugas lapangan di pos jaga perbatasan ataupun mulut tambang. Dimana perusahaan sebagai stakeholder pengguna aplikasi dan Bapenda  selaku admin bertindak sebagai pengawas  data pajak daerah.

"Tentunya kedepan perusahaan akan menggunakan pembayaran pajak melalui transfer dengan akun virtual secara terintegritas saat melakukan pembayar pajak melalui Bank NTB," pungkasnya," pungkasnya.

Dikesempatan tersebut Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Hasni menyebut tujuan dari diciptakannya aplikasi Siaga MBLB tersebut untuk memigrasi sistem penarikan retribusi secara manual menuju sistem aplikasi elektronik sehingga dapat mengoptimalkan PAD ke depan secara optimal, cepat dan tepat.

"Tentu dengan harapan penerapan Aplikasi Siaga MBLB dapat  mengoptimalkan pungutan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan melalui pelaporan pungutan secara realtime serta memanajemen data pajak secara elektronik," tutupnya. (RS)