Daftar Isi [Tampil]

Ketua Yayasan bersama Wakil Rektor II Universitas Hamzanwadi dan tim Pusat Bahasa melaksanakan pelepasan burung merpati sebagai simbol penutupan kegiatan General English tahun 2023
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Program General English (GE) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa di Universitas Hamzanwadi. Pada kegiatan ini, para mahasiswa baru diberikan pelatihan bahasa inggris selama satu bulan penuh sebagai salah satu support bagi mahasiswa baru agar mampu menjadi mahasiswa yang unggul dan berdaya saing global seperti visi yang diusung kampus swasta  terbaik di Nusa Tenggara Barat ini. Kamis (31/8/ 2023)

Tahun 2023 ini, desain pembelajaran GE (General English) telah ditingkatkan dengan menyusun modul yang lebih kontekstual sesuai dengan kebutuhan global saat ini. Modul tersebut diintegrasikan dengan berbagai kegiatan menarik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para mahasiswa baru. Pengelompokan mahasiswa baru dari berbagai jurusan juga menjadi salah satu daya tarik utama.

Hal ini memungkinkan mahasiswa berkenalan dengan mahasiswa dari latar belakang jurusan yang berbeda, tidak hanya dengan satu jurusan saja.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris serta memberikan pemahaman awal tentang lingkungan kampus sebelum dimulainya Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Pada tahun ini, program juga lebih menitikberatkan pada pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan yang lebih spesifik, seperti memahami pentingnya cinta lingkungan dan pengurangan limbah (zero waste).

Dalam konteks ini, kegiatan pembersihan lingkungan terintegrasi dengan pembahasan tentang urgensi menjaga kebersihan lingkungan. Mahasiswa tidak hanya terlibat dalam aksi pembersihan, tetapi juga diajak untuk mendalami mengapa kebersihan lingkungan sangat esensial.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa akan lebih peka terhadap isu lingkungan dan mampu mengungkapkannya dengan baik dalam bahasa inggris, baik secara lisan maupun tulisan.

Kegiatan General English yang diikuti oleh 1648 mahasiswa baru resmi ditutup oleh Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, H. Muhammad Djamaluddin. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi kepada tim yang telah memberikan kinerja terbaik selama pelaksanaan program ini. Selanjutnya, beliau menekankan kepada mahasiswa baru agar tetap bersemangat dan tidak berhenti di sini.

Hal ini disebabkan oleh pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai keahlian krusial yang harus dimiliki oleh generasi saat ini. Bahasa Inggris bukan hanya membuka peluang kerja yang lebih luas, tetapi juga memberi akses terhadap ilmu pengetahuan melalui berbagai sumber dalam bahasa Inggris.

Setelah memberikan sambutan, Ketua Yayasan bersama Wakil Rektor II Universitas Hamzanwadi dan tim Pusat Bahasa melaksanakan pelepasan burung merpati sebagai simbol penutupan kegiatan General English tahun ini. Pelepasan burung ini mengandung dua pesan penting.

Pertama, mengajak semua untuk menjaga keseimbangan alam sebagai bentuk cinta terhadap lingkungan. Kedua, sebagai lambang kebebasan eksplorasi bagi para mahasiswa, yang diharapkan akan menjadi generasi unggul bagi bangsa.

Pesan ini mengajak para mahasiswa untuk terbang tinggi, seperti burung yang terbang bebas, dan meraih cita-cita setinggi bintang seperti syair Almagfurullah yang mengatakan "Amaluna Fauqon Nujuum, Jihaduna Lil Muslimin". Semua ini demi perjuangan agama, bangsa, dan negara tercinta.

Selain itu, kegiatan ini diakhiri dengan pengumpulan sampah botol plastik yang dibawa oleh setiap mahasiswa. Sampah tersebut kemudian diserahkan kepada pihak bank sampah, sebagai langkah nyata untuk mewujudkan upaya pengurangan limbah dan merangkul kesadaran menjaga lingkungan. (*)