Daftar Isi [Tampil]

Pose bersama Suralaga usai Rakor Panwascam, PPK, Polsek Suralaga, Danposramil, dan Perwakilan Parpol di Kecamatan Suralaga.
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Suralaga bersama Forkopimcam dan perwakilan Partai Politik (Parpol) lakukan rapat koordinasi (rakor) langkah preventif upaya pencegahan pelanggaran pemilu tahun 2024. Bertempat di aula kantor camat suralaga. Kamis (7/9/2023)

Hadir dalam rakor tersebut, selain Panwascam, Kapolsek Suralaga, PPK Suralaga, Pihak Kecamatan, dan Korcam parpol yang ada di kecamatan suralaga.

Dalam pengantarnya, Panwcam Suralaga Joni Abdurrahman menyampaikan ini merupakan langkah untuk mencari solusi gimana caranya untuk menghindari terjadinya pelanggaran pemilu 2024 oleh peserta pemilu dalam hal ini partai politik.

"biar tidak terjadi lagi masalah yang seperti kemarin-kemarin, kita akan sepakati nantinya fakta integritas sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada masyarakat, bangsa, dan negara" ucapnya.

Sementara itu Camat suralaga dalam hal ini diwakili Sekcam Suralaga, sangat mengupresiasi upaya dari penyelenggara pemilu di kecamatan suralaga, tentu dengan sosialisasi dari PPK dan Panwascam, kondisifitas menjelang pemilu di wilayah kecamatan Suralaga sangat diharapkan.

Dan pada intinya, Mari kita mentaati setiap tahap pemilu dengan mengedepankan kepentingan bersama," harapnya.

Begitupun dengan Kapolsek Suralaga IPDA Bambang Supriyanto, Pihaknya dari aparat kemanan tentu sangat mendukung upaya preventif pencegahan pelanggaran pemilu 2024 ini, Dimana untuk merumuskan  terkait dengan pelaksanaan Pemilu damai yang mana Dari pusat sampai kewilayahan sudah sudah didengung-dengungkan atau dikeluarkan supaya dalam pelaksanaannya pemilu legislatif baik tingkat kabupaten kota, DPRD Propinsi, DPR, DPD,  peresiden dan wakil presiden berjalan dengan Aman, damai, dan sukses.

"ini merupakan bagian dari pada tanggung jawab kita bersama, Mari kita  bersama-sama menjalankan tahapan pemilu 2024 sesuai proses aturan-aturan yang ada,"

Lanjut Bambang, dengan menjalankan tahapan pemilu dengan aman tentu sangat-sangat berwibawa agar Pemilu ini bisa berjalan dengan aman dan semoga Pemilu damai di Indonesia sukses sesuai yang diharapkan bersama.

"Kami dari aparat kepolisian tentu sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh panwascam suralaga bersama PPK dan mari apa yang dituangkan nanti dalam fakta integritas dapat dijalankan bersama," harapnya.

Begitupun dengan Ketua PPK Suralaga Muaddibi Asyifa menyampaikan bahwa pada saat ini pemilu 2024 sudah masuk Daftar pememilih Tetap Tambahan (DPT Tb) dimana sebelumnya sudah ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan di kecamatan suralaga sendiri jumlah DPT sebanyak 46.833 pemilih.

"Dengan jumlah pemilih yang sangat besar ini tentu potensi-potensi masalah  pelanggaran itu ada, namun yang untuk mencegah itu kita sama-sama menjaga kondusifitas,"

"Bila pun ada masalah, kami berharap bisa diselesaikan dengan cara yang baik dengan cara berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini PPK dan Panwascam," sambungnya.

Sambung Muaddibi terkait DPT Tb tersebut tentu sangat berpotensi terjadi perubahan sampai hari H pemilihan, penambahan dan berkurang karena adanya yang meninggal dunia, pindah domisili dan sebagainya.

Karennya kami berharap dari parpol juga berperan aktif melaporkan kepada petugas kami baik yang di desa (PPS) atau langsung ke PPK, kami siap melayani dengan integritas 24 jam," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan merumuskan kesepakatan yang dituangkan dalam fakta integritas pemilu damai bersama perwakilan partai politik di Kecamatan Suralaga yang ditandatang oleh Panwascam, PPK Suralaga, dan Semua perwakilan Parpol yang hadir dengan disaksikan oleh aparat penegak hukum dalam hal ini Polsek Suralaga dan Danposramil Suralaga. (RS)