Daftar Isi [Tampil]

Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono SH., SIK., MH. 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Dalam upaya memberikan kemudahan pelatihan simulasi dalam membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Polres Lombok Timur (Lotim) mengembangkan Aplikasi Game Edukasi Milenial Lombok Timur (Gemilotim) merupakan inovasi bertujuan untuk meningkatkan kemahiran berkendara masyarakat dan memfasilitasi persiapan dalam mengikuti ujian pembuatan SIM.

Sebagaimana disampaikan, Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono, SH., SIK., MH. Bahwa aplikasi Gemilotim ini tergagas mengikuti trend dinamika masyarakat, terutama kalangan muda yang gemar main game. Disamping bisa brrmain game secara tidak langsung bermanfaat sebagai simulai ujian dalam pembuatan SIM.

Menurut Hery, Aplikasi yang dikeluarkan tahun 2018 lalu namun belum dioptimalkan penggunaannya, namun sekarang ini diupayakan dioptimalkan. Karena dapat mendukung persiapan calon pengemudi dalam memperoleh SIM dengan lebih baik dan efisien. Tentu dengan Gemilotim, akan mempermudah pemahaman pengendara untuk memahami tata cara berkendara yang aman, baik dan bertanggung jawab.

Aplikasi Gemilotim juga dilengkapi dengan fitur statistik yang memungkinkan pengguna untuk melacak kemajuan mereka dalam menguasai kemahiran berkendara.

"Dengan demikian, setiap pengguna dapat memantau perkembangan mereka seiring berjalannya waktu," jelasnya. Jumat (29/9/2023)

Ia juga menyampaikan dalam aplikasi pengguna akan menemukan berbagai tantangan berkendara yang mencakup berbagai situasi lalu lintas, Aplikasi ini dirancang untuk melatih ketangkasan dalam berkendara, meningkatkan pemahaman aturan lalu lintas, dan menguji kemampuan reaksi dalam situasi darurat.

"Dengan konsep yang menarik, aplikasi ini diharapkan akan membantu calon pengemudi maupun pengendara sepeda motor untuk lebih siap menghadapi ujian pembuatan SIM," terangnya.

Aplikasi Gemilotim merupakan aplikasi Gemilotim merupakan sebuah aplikasi edukasi lalu lintas yang dibuat dalam bentuk game yang menarik dan interaktif.

Tujuan diadakannya aplikasi Gemilotim ini diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif.

"Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui platform Play Store di perangkat Android, sehingga dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat," ungkapnya.

Hery menghimbau pada semua lapisan masyarakat yang ingin membuat SIM untuk mengunduh aplikasi Gemilotim supaya menguji kemampuannya dulu dalam pemahaman berkendara yang baik dan benar, sehingga  pada waktu pengajuan pembuatan SIM sudah betul-betul siap.

"Tentu kami berharap masyarakat Lombok Timur khususnya dan masyarakat diseluruh NKRI bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan baik sebelum mengajukan pembuatan SIM," harapnya. (RS)