Daftar Isi [Tampil]

Kepala SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad, S.Pd., M.Pd. saat memberikan dokumen pemberangkatan pada siswa Program magang ke Malaysia 
LOMBOK TIMUR - Radarselapang.com || Refleksi kepemimpinan Zulkieflimansyah dan Hj Siti Rohmi Djalah (Zul-Rohmi) selaku Gubernur memimpin Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam mencetak generasi NTB Gemilang dengan memberikan ruang yang luas pada sekolah Mengah Kejuruan (SMK), salah satunya SMKN 1 Sikur yang kali ini mengirim siswanya yang kelas XII untuk mengikuti program magang di hotel bertarap intermasional di negeri Jiran Malaysia.

Dimana sejak SMK dinaungi Provinsi, Zul-Rohmi bergerak dalam prinsipnya SMK itu dengan istilah BMW (Bekerja, Melanjutkan, dan Wirausaha) yang artinya siswa SMK selepas menempuh pendidikan diharapkan Bisa bekerja di dunia indystrialisasi.

Jika tidak bekerja maka melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi, dan bila tidak bekerja maupun tidak melanjutkan pendidikan setidaknya siswa SMK mampu menciptakan kerja sendiri atau yang lebih kren disebut berwirausaha.

Kepala SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad, S.Pd., M.Pd. Menyampaikan Program siswa magang ke Malaysia itu merupakan  bagian dari program utama yang mengangkat SMKN 1 Sikur ke kancah Internasional, termasuk program yang harus dilaporkan Kementerian di Jakarta atas terobosan ini.

Ia menyebut, Pada kegiatan ekspo dan pelepasan akhir masa jabatan Gubernur dan wakil gubernur, Disampaikan bahwa SMKN 1 Sikur menjadi salah satu pusat perhatian. karena satu-satunya sekolah di Indonesia yang memberangkatkan siswanya magang ke luar negeri.

"Alhamdulillah... Ini barang tertentu yang harus kita syukuri dan terjadi motivasinya luar biasa tapi tanpa dukungan orang tua saya yakin program yang hari ini kita  jalankan tidak bisa berjalan dengan baik," ucapnya saat melepas siswa magang ke Hotel Concorde Malaysia yang di dampingi orag tua/walinya. Jumat (16/9/2023)

Pelepasan siswa magang ke Malaysia oleh kepala SMKN 1 Sikur bersama ketua jurusan dan wali murid
Hasbi menyampaikan ucapan terimaksih pada orang tua selaku wali murid dengan doakan yang terbaik mudah-mudahan berangkat dengan sehat hingga program ini bisa dituntaskan hingga 6 bulan. Dan akan mendapatkan pengalaman dan sertifikat bertarap internasional yang akan menjadi bekal dalam mencari pekerjaan.

"kita inginkan kembalinya anak-anak ini menjadi anak-anak yang nantinya punya potensi," harapnya.

Di Malaysia siswa ini disamping magang juga akan diberikan gaji begitupun pengalaman pembelajaran yang nyata dalam dunia kerja di Malaysia. Tentu ini sebagai penempa keterampilan yang sangat luar biasa, Artinya siswa sudah bisa memberikan pelayanannya sebagaimana harapan dunia industri. Jadi program ini sesungguhnya mempertemukan antara siswa dengan dunia kerja nyata.

"Sehingga akan muncul mindset yang berpikir bahwa untuk menjadi orang sukses itu butuh proses yang harus dilakukan," terangnya.

Lanjut Hasbi, Tidak bisa begitu saja terjadi orang sukses maka berangkatlah dari proses mengenali dunia luar dan bekerja keras, karena nanti akan bertemu pengalaman bekerja di Malaysia. Dan disana akan bertemu dengan banyak orang maupun teman yang akan di kenal, maka itu terkadang siapa tahu dari setiap orang itu adalah ada orang hebat yang melihat kinerjanya dan kemudian merekrutnya menuju yang lebih sukses lagi.

"Karena itu pandai-pandailah menjaga diri, jaga pergaulan, dan jaga nama baik SMKN 1 Sikur. Kalian sukses yang bangga bukan orang tua mu saja tetapi semua orang di lingkup SMKN 1 Sikur," pesanya.

Ia juga tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih pada semua tim yang ada si SMKN 1.Sikur ini, mulai dsri jajaran ketua jurusan, guru, stap, dan semua yanh terkait di SMKN 1 Sikur.

"Saya secara pribadi mengucapkan banyak terimasih pada semua yang terkait untuk suksesnya program kita ini menuju anak didik kita yang lebih baik," pungkasnya.

Secara terpisah, Habibullah, salah seorang siswa SMKN 1 Sikur, Jurusan Usaha perjalanan wisata yang mengikuti program magang ke Malaysia mengatakan dirinya sangat bahagia dan  termotivasi untuk ikut program ini untuk menambah pengalaman.

"Saya senang dapat mengikuti program ini, tujuan saya lebih pada ingin mencari pengalaman kerja," ucapnya.

"Terimaksih pada pihak sekolah yang memberikan kepercayaan magang ke Malaysia ini, saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini," sambungnya.

Ia mengatakan beda pola kerja dan pendatan di Indonesia dengan di luar negeri. Karenanya Ia ingin membuktikan bahwa Tenaga Kerja Indonesia tidak hanya bisa bekerja di kebun sawit saja, tetapi juga mampu bekerja di dunia industrialisasi termasuk di perhotelan.

Jika memungkinkan dirinya berkeinginan sehabis menjalani magang selama 6 bulan tersebut akan lanjut bekerja diluar negeri berbekal dari Ijasah SMKN 1 Sikur dan sertifikat yang didapatkan dari hotel Malaysia agar mampu meringankan beban orang tuanya.

"Lewat ini saya ingin membuktikan bahwa saya bisa membanggakan sekolah dan membahagiakan ke dua orang tua saya," tutup anak dari seorang pedang itu. 

Unit kewirausahaan SMKN 1 Sikur
Adapun Program yang telah dicapai oleh SMKN 1 Sikur yakni

1. berhasil memagangkan siswa Keluar Negeri yang ditempatkan di Hotel-Hotel ternama bahkan ada yang ditarik langsung bekerja sehingga menjadi Karyawan tetap.

2. berhasil mencetak lulusannya menjadi Interprener muda yang kompeten pada bidangnya dengan menjadikan para alumni sebagai pelaku UMKM yang sukses

3.SMKN 1 Sikur kini menjadi Sentral Pengiriman Siswa Magang ke Luar Negeri untuk seluruh SMK di NTB. (RS)