Daftar Isi [Tampil]

Warek Bidang Akademik Universitas Hamzanwadi Dr Abdullah Muzakar
SINGAPURA - Radarselaparang.com || Universitas Hamzanwadi utus dosennya guna mengikuti kegiatan Enkulturasi Pendidikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di Singapore. Kegiatan berupa lokakarya ini berlangsung mulai 23–27 Oktober 2023.

Program Kepemimpinan STEM adalah kemitraan tiga tahun antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Indonesia, Temasek Foundation, dan Nanyang Technological University Singapura.

"Lokasi kegiatan di Temasek Foundation serta meriSTEM di National Institute of Education (NIE), Nanyang Technological University (NTU) Singapore," ujar Warek Bidang Akademik Universitas Hamzanwadi Dr Abdullah Muzakar, Selasa (24/10/2023).

Muzakar menegaskan, materi dalam kegiatan itu akan membahas mengenai Digital Literacy in STEM, Pedagogical Practices, School Visit, STEM Curriculum, Coding, Microbit, HaloCode dan STEM Hackaton.

Tujuan dari program ini kata doktor jebolan UNJ itu, guna bersama-sama mengembangkan kemampuan kepemimpinan pendidikan STEM dalam pendidikan STEM.

Termasuk bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bersama-sama membentuk Komunitas Pembelajaran Profesional STEM di dalam dan antar sekolah di Indonesia.

"Nah, penyelenggaran kegiatan sekarang ini sudah sampai tahap 4 dari program Co-enkulturasi Keahlian STEM di Singapura yang akan berlangsung pada tanggal 23 – 27 Oktober 2023," sambungnya. 

Lebih lanjut ia menegaskan, di Indonesia, saat ini terdapat Perkumpulan Penggiat Sains Teknologi Rekayasa dan Matematika Indonesia (PPSTEMI) yang merupakan wadah para akademisi, praktisi, dan industri.

"Tujuan dari PPSTEMI ini dibentuk guna memajukan Pendidikan STEM di Indonesia melalui pengembangan koneksi industri, praktek, dan teori akademisi," jelasnya.

PPSTEMI direkomendasikan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek untuk ikut melaksanakan Kegiatan STEM Education Leadership bekerjasama dengan Temasek Foundation serta meriSTEM di National Institute of Education, Nanyang Technological University (NTU) Singapore

"Dalam kegiatan ini diikuti oleh 68 Orang yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia salah satunya ialah dosen Universitas Hamzanwadi  Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, yakni Korprodi Pendidikan Biologi Wawan Muliawan yang merupakan anggota PPSTEMI," tuturnya.

Sementara itu, Wawan Muliawan menegaskan kehidirnnya di Singapur selama lima hari itu guna mengikuti lokakarya. Berbagai rangkaian kegiatan akan diikuti. Sebagai untusan Universitas Hamzanwadi pihaknya mengaku akan mengikuti kegiatan ini dengan serius.

Menurutnya, saat ini yang mengikuti kegiatan ini para pakar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. "Untuk NTB, sendirian kita dari Universitas Hamzanwadi yang mendapatkan undangan," tutur Wawan yang saat ini sedang berada di Singapura. (*)