Daftar Isi [Tampil]

Hiburan raykat ramai oleh pengunjung di arena Hultah Madrasah NWDI di Ponpes Syaikh Zainuddin Anjani Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam menyambut dan memeriahkan momentum Perayaan Hultah Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) ke 88 di Anjani Lombok Timur, Hadirkan berbagai hiburan rakyat dengan membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Koordinator Hiburan dan Kaplingan, Adi Kusmawan, S. Si  menyampaikan sebagaimana yang telah dimandatkan melalui Surat Keputusan (SK) kepanitian Hultah Madrasah NWDI ke 88 yang telah diterbitkan Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan (NW) Anjani Lombok Timur, terdiri  atas kepanitian inti dan koordinator yang bertanggungjawab dalam mensukseskan berbagai kegiatan sebelum pelaksanaan puncak acara.

"Salah satunya ini, kita mengadakan hiburan rakyat," ucap Adi Kusmawan saat ditemui media di arena hiburan rakyat di Ponpes Syaikh Zainuddin Anjani Lombok Timur. Rabu Malam (11/10/2023)

Ia mengatakan dalam hiburan rakyat ini tidak semata menghadirkan berbagai hiburan saja juga menghadirkan berbagai UMKM yang menjual barang dagangannya selama kegiatan berlangsung.

"Tentu dengan adanya hiburan rakyat ini dapat membangkitkan semangat UMKM yang sempat lagi lesu di pasca covid 19 ini," terang Wakil Kepala SMA NW Anjani tersebut.

Lebih lanjut disampaikan Kusmawan, bahwa pihaknya memberikan kesempatan UMKM untuk memperkenalkan produknya pada khalayak ramai. Salah satunya dengan menggelar dagangannya pada malam hari hingga perayaan pucak acara.

“berbagai dagangan rakyat dengan harga merakyat juga tentu ini kenjadi peluang pelaku UMKM dengan menjadi incaran pengunjung yang datang dari berbagai penjuru,” jelasnya.

Diungkapkan Kusmawan, melalui Koordinator hiburan dan kapling ini akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi alternatif bagi warga yang ingin menikmati suasana santai di malam hari.

"Terlebih kepada para pelaku UMKM yang sudah mengambil peran untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan keramaian yang bisa meningkatkan aktivitas UMKM di arena Hultah," sebutnya.

Lanjut Kusmawan, Dengan adanya kegiatan bazar, hiburan serta kegiatan UMKM lainnya. Hal itu sangat membantu pemerintah daerah dalam membangkitkan semangat UMKM di Lombok Timur.

"Tentu dengan kegiatan hiburan rakyat dsn bazar seperti ini sangat membantu sekali, apalagi ini juga salah satu support dalam membangkitkan semangat para UMKM," ucapnya.

Menurutnya, dengan banyaknya kegiatan UMKM tersebut tidak hanya sebagai hiburan semata saja, melainkan untuk membantu dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kegiatan kegiatan seperti ini ke depannya bisa terus berjalan dengan baik dan lancar, karena menurutnya selain dapat membangkitkan semangat UMKM, hal tersebut juga sebagai wahana hiburan bagi masyarakat Lombok Timur.

"Diharapkan kegiatan ini kedepannya bisa berjalan lancar, sehingga geliat ekonomi ditingkat masyarakat bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Terkait dengan keamanan, dikatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Badan Keamanan Desa (BKD) Anjani, Pasukan Inti Barisan Hizbullah NW, dan aparat kepolisian Polsek Suralaga.

Dengan adanya hiburan rakyat ini, Ia mengajak pada semua lapisan masyarakat yang ingin berkunjung dengan menghimbu pada para pelaku UMKM dan pengunjung untuk tetap menjaga keaman dan ketertiban agar tetap tercipta suasana kondusif.

"Mari kita ciptakan suasana kondusif selama hiburan rakyat berlangsung dengan tidak memicu hal-hal yang tidak diinginkan," himbaunya.

"Jikapun ada yang mengganggu kondusifitas, pihak keamanan akan bertindak tegas," tutup Ketua Perhatani tersebut. (RS)