Daftar Isi [Tampil]

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda NW Gegurun Muh. Munir Fauzi, M.Pd. saat memantau Peserta Didik yang sedang mengikuti pelaksanaan ANBK diruang kelas 5
Lombok Timur || Radarselaparang.com, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud/Kemenag untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi), survei karakter mengukur nilai keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid dan survei lingkungan belajar, mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun ditingkat satuan pendidikan.

Pelaksanaan ANBK di MI Nurul Huda NW Gegurun berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 23 dan 24 Oktober 2023 dengan perincian sesi 1 (07.30-09.30) dan sesi 2 (10.30-12.30).


Peserta ANBK
Peserta didik yang mengikuti ANBK adalah peserta didik kelas 5 dengan jumlah 16 orang terdiri dari 8 orang sesi pertama dan 8 orang sesi kedua yang ditentukan oleh Tim Emis Pusat. 18 orang sebagai peserta utama dan 2 orang sebagai peserta cadangan untuk pengganti apabila peserta utama berhalangan hadir.


Kepala MI Nurul Huda NW Gegurun (Muh. Munir Fauzi, M.Pd) mengatakan bahwa "dengan kegiatan ANBK dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca, numerasi, survei karakter dan survei lingkungan belajar pada peserta didik."


Pengawas ANBK di MI Nurul Huda NW Gegurun adalah Hari pertama Ibu Huswatun Hasanah, S.Pd dan hari kedua ibu Hijriah, S.Pd.I (*)