Daftar Isi [Tampil]

Ratusan ribu jamaah NW ikuti perayaan puncak Hultah ke 88 Madrasah NWDI di Anjani Lombok Timur duduk dengan tertib di bawah tetaring (terob dari daun kelapa -red)
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com
|| Ratusan ribu jamaah Nahdlatul Wathan (NW) antusias tumbah ruah hadiri perayaan puncak Hultah ke 88 Madrasah NWDI di lapangan Ummuna Hj Siti Raihanun ZAM komplek Ponpes Syaikh Zainuddin Anjani Lombok Timur. Ahad (29/10/2023)

Jamaah NW yang hadir mulai dari berbagai penjuru pulau Lombok hingga luar daerah. Dan juga 38  Perwakilan Wilayah (PW) di tiap provinsi di seluruh wilayah Indonesia hadir turut hadir pada kesempatan tersebut.

Para tamu di dari pemerintahan daerah kabupaten dan provinsi hadi, juga hadir dan tamu kenegaraan dari kementrian Agama  Yaqut Cholil Qoumas mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Dalam laporannya, TGH Zainal Arifin Munir selaku ketua panitia menyampaikan hultah kali ini mengusung Tema "88 tahun Madrasah NWDI mengabdi untuk Nusantara, terus bergerak untuk Indonesia maju".

Pilihan tema ini, dikatakan TGH Zainal bukan tanpa alasan melainkan sebagai penegasan bahwa Madrasah dibawah naungan organisasi Nahdlatul Wathan terus membangun Negeri.

"Ini selaras dengan tema HUT RI yang ke-78 yaitu terus melaju untuk Indonesia maju," ucapnya.


Pendiri madrasah NWDI merupakan Pahlawan nasional, betapa besar semangat dan perjuangannya dalam merebut kemerdekaan sekaligus mengisinya dengan membangun sumber daya manusia melalui pendidikan, sosial dan dakwah.

Disampaikan juga bahwa tujuan Penyelenggaraan ritual tahunan  Hultah Madrasah NWDI ini, yakni Pertama sebagai momentum untuk napak tilas dan mengenang kembali masa kelahiran untuk Madrasah Nahdlatul Waton Madrasah diniyah Islam dengan merepleksikan nilai-nilai perjuangan yang terkandung di dalamnya sebagai inspirasi dan motivasi dalam pengembangan Madrasah Nahdlatul Wathan yang tersebar di berbagai penjuru nusantara yang hingga saat ini sudah berjumlah 2027 Madrasah.

Kedua Sebagai ajang silaturahmi nasional semua jajaran pengurus dari tingkat Mustasyar, PBNW, PWNW dan jamaah NW.

Ketiga membumikan syariat Islam dan ajaran Islam yang Rahman Lil Alamin, bahwa organiasi NW hingga hari ini terus berkomitmen merawat perdamaian terutama dalam menghadapi pemilu tahun 2024 melalui penyampaian dakwah yang damai santun dan toleran.

Dan untuk menyemarakkan perayaan Hultah ke 88 Madrasah NWDI telah dilakukan berbagai perlombaan dan pertandingan, seminar kebangsaan, kegiatan bakti sosial, dan pengobatan gratis, khitanan dan cukuran massal, serta penyediaan dapur umum dan lain sebagainya.

Panitia juga dan sebelumnya menyelenggarakan jalan sehat, kemudian pawai sepeda motor, pawai taaruf yang dilaksanakan kemarin hari Sabtu yang diikuti oleh santri, guru, Pengurus organisasi, dan kaum muslimin - muslimat yang diperkirakan ikut meramaikan lebih dari 100.000 orang. Puncak peringatan Hultah ke 88 Madrasah NWDI, pada hari ini Ahad 29 Oktober 2023.

"Selamat datang di arena Hultah tempat yang barokah dan Insyaallah tempat diturunkan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'Ala kepada kita semua," ucapnya.

Dari seluruh rangkaian kegiatan Hultah ke 88 Madrasah NWDI dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dari pemerintah Pemerintah provinsi, pemerintah daerah, kepala kantor wilayah Kementerian Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten/ kota, Kapolres Lotim, Pol PP, Dinas Perhubungan, Camat, Kepala Desa, dan seluruh elemen masyarakat terutama pada semua panitia yang telah bekerja siang malam tanpa rasa lelah untuk suksesnya acara ini.

"Terima kasih semuanya, Jazakumullahu Khairon Katsiro. Semoga ini semua tercatat sebagai bakti pada guru besar kita dan tercatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT," pungkasnya.

Kebersamaan PBNW Maulana Syaikh TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani saat duduk bersama menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di pangguh Hultah ke 88 Madrasah NWDI.
Pada kesempatan itu juga turut menyampaikan ucapat selamat datang dan pada semua pengurus dan tamu undangan oleh PWNW NTB, TGH Lalu Gede Khairul Fatihin. Juga pengajian Hultah Oleh Syaikh Muhammad bin Ahmad Attilim Sani, yang merupakan Syaikh Assholatiyah Makkah Al Murromah, Juga pengajian ke NW an disampaikan TGH Ikhsan Safar.

Dikesempatan tersebut juga PBNW, Maulana Syaikh TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, dikesempatan tersebut mendeklarasikan pasangan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dan dan Gibran Raka Buming Raka sebagai Wakil Presiden pada pemilu 2024.

Dimana sebelum mendeklarasikan pasangan Prabowo - Gibran, PBNW terlebih dahulu memanggil 38 PWNW seluruh nusantara untuk maju kedepan menyaksikan dan menginstruksikan agar semua PWNW untuk menjalankan dan memenangkan pasangan Prabowo - Gibran di daerah masing-masing.

Juga pada semua jamaah NW untuk menjalankan instruksi itu dengan Sami'na Wa Altho'na (Didengarkan dan dijalankan -red) begitupun pada caleg yang direkomendasikan oleh PBNW melalui partai Gerindra untuk dimenangkan Bukan hanya di NTB tetapi di seluruh Nusantara ini.

Juga dikesempatan ini Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas membacakan pidato atas nama Presiden RI Joko Widodo. Semua kegiatan Hultah ke 88 Madrasah NWDI ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman. (RS)