Daftar Isi [Tampil]

LAZAH NW Sumbawa Barat Salurkan air bersih pafa masyarakat sambut hultah Madrasah NWDI ke 88 di Anjani Lombok Timur
KSB - Radarselaparang.com || Kekeringan yang melanda dibeberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Pimpinan Daerah LAZAH NW KSB Ustadz Mohammad Zainuddin, QH., S.Pd beserta jajaran Pengurus Daerah LAZAH NW KSB meminta semua pihak berpartisipasi untuk bersama mengatasinya.

Kaitan dengan itu Ketua Pimda LAZAH NW melakukan koordinasi bersama Pimpinan Daerah NW Kabupaten Sumbawa Barat juga untuk membahas rencana program dalam momentum menyambut semarak Hari Ulang Tahun Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiah (Hultah Madrasah NWDI Ke-88).

Sebagai rasa syukur atas Hari Ulang Tahun Madrasah NWDI tersebut pengurus LAZAH NW sebagian besar Abituren atau Alumni Madrasah NW menunjukkan inisiasinya peduli terhadap persoalan kekeringan yang beberapa bulan belakangan ini dihadapi oleh warga masyarakat khususnya di Desa Kiantar Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi NTB.

Pimpinan Daerah LAZAH NW untuk merespon himbauan Ketua Umum PB.NW Maulana Syaikh TGKH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin At-sani, Lc., MPd, untuk menyukseskan pra hari puncak Hultah ke 88 Madrasah NWDI yang pelaksanaannya dilangsungkan di Anjani Kabupaten Lombok Timur pada Ahad, 29 Oktober 2023 mendatang.

Berdasarkan data pemetaan kekeringan dari tahun 2023 ini khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat dari 8 kecamatan sebagian besar mengalami bencana kekeringan.

LAZAH NW Kabupaten Sumbawa Barat mulai Hari ini Rabu, 25 Oktober 2023 mendistribusikan Air Bersih di Desa Kiantar Kecamatan Poto. Adapun rencana penyaluran Air Bersih kepada warga kali ini sekitar 25.000 liter air bersih akan didistribusikan.

Untuk dampak kekeringan yg cukup parah Pimda LAZAH NW  KSB mendistribusikan Air Bersih untuk warga masyarakat karena dari semua wilayahnya hampir 90 persen terdampak kekeringan.

Kekeringan yang melanda beberapa titik di wilayah Sumbawa Barat kondisinya sangat memperihatinkan. Bahkan banyak masyarakat kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Melihat kondisi tersebut Ketua Umum PB NW Maulana Syaikh TGKH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin At-Sani, Lc., MPd menginstruksikan kepada semua Badan Otonom Nahdlatul Wathan (NW), Jama'ah, Abituren, Simpatisan dan Kader yang ada di Daerah untuk selalu peduli dan cepat tanggap terhadap segala bentuk bencana atau musibah yg sedang terjadi dialami oleh masyarakat.

Pimda LAZAH NW KSB bekerjasama dengan semua stecholder yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Melalui kerjasama serta partisipasi para donatur menyalurkan 4 tangki atau setara kurang lebih 25 ribu liter air bersih ke Desa Kiantar Kecamatan Poto Tano Sumbawa Barat.

Penyaluran air bersih ini disebar dibeberapa Dusun di Desa Kiantar yang kekurangan air bersih. Pasalnya untuk mendapatkan air bersih mereka harus membeli dengan harga Rp.60 ribu satu tong besar dengan isi sekitar 1000 liter. Artinya dalam 1 bulan masyarakat harus mengeluarkan dana untuk membeli air sebesar Rp.400 ribu.

Diharapkan dengan adanya penyaluran air bersih ini kepada masyarakat di Desa Kiantar Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat bisa membantu untuk kebutuhan mandi, minum dan memasak. Ujar Sagena warga masyarakat setempat

Kesusahan mencari air bersih kadang-kadang satu tong itu nggak sampai satu hari itu dipakai memasak, wudhu, mandi juga. Apalagi satu tong dipakai banyak anggota keluarga habis cepat ujarnya salah seorang warga. (*)