Daftar Isi [Tampil]

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lombok Timur yang diketuai oleh Zuarno Saputra bertemu dengan Kepala Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Lombok Timur

Lombok Timur, Radarselaparang.com || Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lombok Timur yang diketuai oleh Zuarno Saputra bertemu dengan Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Lombok Timur, Husnul Fajri. Dalam pertemuan itu, Fajri menyampaikan dukungan penuh pada program-program KNPI.

Fajri memastikan ada peluang besar untuk berkolaborasi antara Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Lombok Timur, dengan KNPI Lombok Timur, khususnya dalam perijinan tambang dan galian C.


Saya mengapresiasi kepemimpinan baru yang diketuai oleh Zuarno Saputra” ujarnya dalam ruang kantornya di Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) di Selong, Kamis (19/10/2023).


Fajri mengingatkan agar kaum pemuda, khususnya para pengurus KNPI Lombok Timur tidak melulu hanya pikirkan politik praktis.

"Harus bisa menjalankan program pemuda dulu,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua DPD KNPI Lombok Timur, Zuarno Saputra yang didampingi beberapa pengurus DPD KNPI melaporkan agenda-agenda besar KNPI mendatang.


"Terutama terkait rencana kegiatan orientasi dan Rakerda pengurus DPP KNPI, konsolidasi OKP dan Pengurus Kecamatan (PK) yang ada di Kabupaten Lombok Timur," terangnya.


Selain itu, Zuarno menyampaikan khusus visi personal sebagai ketua. Dia menyatakan kesiapan dirinya dan pemuda lombok timur untuk bersinergi dan berakselerasi dalam membangun sinergi Berkemajuan.


"Selain merespons isu-isu aktual yang berkembang di masyarakat, kami siap bersinergi dengan pemerintah, KNPI Lombok Timur sebagai mitra strategis pemerintah,” kata Zuarno


Disamping itu juga, Upaya DPD KNPI Lombok Timur yang di nahkodai Zuarno CS dalam membangun sinergi Berkemajuan. merupakan sebuah terobosan guna mendukung pemerintah kabupaten lombok timur dalam upaya peningkatan PAD dari segala leading sektor.


"Dari Hasil audiensi DPD KNPI  Lombok Timur  dengan Kepala Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Lombok Timur  dalam suasana keterbukaan berkomitmen bahu membahu dalam mensosialisasikan dan membuka ruang pelayanan terpadu dalam tingkat kesadaran masyarakat sesuai kebutuhannya," jelasnya.


Kehadiran KNPI dalam pemerintahan adalah mensinergikan gagasan dan memadukan persepsi untuk menciptakan terobosan dan percepatan dengan tercapainya peningkatan PAD Lotim secara prioritas. Berdasarkan kajian kajian pada kendala serta win win solution dalam mengatasinya.


"peran pemuda dalam konteks sinergi ini sesungguhnya bukan produk baru, Namun Pola  dan gagasan berdasarkan kajian pada Imajinasi kemajuan dalam peningkatan hasil pembangunan harus pula di uji dan di lakukan dalam persamaan persepsi yang tidak hanya berkutat pada teori," tegas Zuarno.


Untuk sementara waktu DPD KNPI II mencoba membedah terkait perijinan tambang dan galian C yang masih belum memberikan dampak signifikan terhadap PAD karena secara kuantitas tambang yang belum mengantongi ijin terbilang pantastis jumlahnya serta seksi untuk di bedah.


Dalam permasalahan pengurusan ijin tambang ini ternyata tidak cukup pada masalah kemampuan finansial pengelola tambang dalam pengurusan ijin, Melainkan ada syarat dan ketentuan yang harus di isi oleh pemohon ijin yang tidak mampu di lakukan oleh para calon pemohon ijin akibat keterbatasan SDM . 


"Oleh Karena Itu KNPI akan melakukan kajian kajian akademisi untuk mencari jalan keluar sehingga pengusaha merasa nyaman dan dapat memenuhi kewajibannya terhadap pemerintah dan dapat meningkatkan PAD nya secara berkala. Begitu pula pemuda dapat berkontribusi dan bisa berbuat maksimal untuk kemajuan daerah," Tutupnya. (RS)