Daftar Isi [Tampil]

Apel perayaan HGN 2023 di Ponpes Saadatuddarain NW Majuwet, Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suralaga.

LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com
|| Semua guru yang mengajar di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Saadatuddarain Nadlatul Wathan (NW) Majuwet, Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suralaga. Apel rayakan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023.

Apel yang HGN yang dikuti semua guru dan siswa dari Paud, MI dan SML berlangsung hidmat dengan Inspektur upacara oleh pembina Tuan Guru Hajji (TGH) Azwar Anas Mas'ud Abdullah Asy Shaulaty, petugas apel oleh guru,  dan peserta dari siswa. Bertempat di lapangan Ponpes. Sabtu (25/11/2023)

Dalam kesempatan itu dibacakan juga Ikrar Guru Indoesia yang isinya yakni
Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik;
1. bangsa yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang Undang Dasar 1945.
3. Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
5. Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara serta kemanusiaan.

Sejalan dengan ikrar guru Indonesia ini, TGH Azwar Anas Mas'ud Abdullah Asy Shaulaty, menyampaikan dalam amanatnya menyampaikan pel aksanakan apel itu dilakukan dalam rangka untuk menghormati dan membesarkan untuk mengikat jasa-jasa terutama bapak dan ibu guru yang telah berjasa mencerdaskan generasi bangsa.

Sebaik-baik manusia, Dikatan TGH Azwar, Seorang guru itu hampir posisi kedudukan seorang pengajar itu mirip-mirip dengan seorang Rasul diutus oleh Allah untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju alam yang terang benderang.

"Mengeluarkan manusia dari kebodohan menuju alam yang terang benderang yang dipenuhi oleh Sinar ilmu pengetahuan," ucapnya.

Untuk itu, TGH Azwar berpesn kepada siswa yang apel saat itu untuk pandai-pandai menjaga hati dan perasaan gurunya, baik itu dengan tingkah laku dengan tutur kata. Sehingga ilmu-ilmu yang guru sampaikan nanti akan mendatangkan manfaat dan menjaga sebagai bekal dalam menjalani kehidupan kedepannya.

Disampaikan juga TGH Azwar, dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang di riwayatkan Abu Hurairah , yang berbunyi, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Ketahuilah, sungguh dunia itu terlaknat, dan termasuk apa saja yang ada di dalamnya, kecuali bagi orang yang senantiasa berdzikir kepada Allah dan memiliki loyalitas kepada-Nya, serta orang yang ‘alim (guru) dan para penuntut ilmu (siswa).”

Betapa pentingnya dan mulianya seorang guru karenanya jangan pernah mengabaikan apalagi menentang guru, karena peran guru sangat mulia dan membawa kebaikan untuk siswanya.

"Guru itu pewaris nabi, guru itu idola ku, dan guru itu surgaku," pungkasnya. (RS)


Ikuti kami di berita google