Daftar Isi [Tampil]

Ritual adat syukuran Masyarakat dusun Sangiang, Desa Lendang Nangka Utara dan sekitarnya atas turunnya hujan
LOMBOK TIMUR Radarselaprang.com || Ratusan warga yang berasal dari dusun Sangiang, Desa Lendang Nangka Utara,Kecamatan Masbagik, menggelar ritual adat syukuran atas diberikannya berkah dari Yang Maha Kuasa berupa turunnya hujan.

Ritual Adat ini selalu dilakukan ditiap tahunnya setelah datangnya hujan pertama setelah musim kemarau dan dilakukan di pinggir sungai.

Ritual adat ini biasanya dilakukan dengan makan bersama masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat yang seblumnya diakukan doa bersama, dan diakhir dengan memberikan santunan pada  anak yatim.

Sebagaimana disampaikan Kades Lendang Nangka Utara, M. Tahir, Acara ritual adat ini selalu diadakan di Dua sungai yang bertemu atau biasa di sebut warga lombok dengan sebutan Kokok Ketemuk (ketemu -red).

"Ritual ini merupakan warisan leluhur yang selalu dilakukan secata turun temurun dan dipusatkan di sungai ketemuk," ucapnya. Ahad (12/11/2023)

Tahir juga menyampaikan agar pemerintah daerah memperhatikan saluran irigasi yang berada di Desa Lendang Utara ini dikarenakan masih banyak titik irigasi yang sangat perlu mendapat sentuhan dari pemerintah.

"Kita berharap Pemerintah Daerah memperhatikan irigasi di Desa Lendang Utara ini, karena masih banyak titik irigasi yang harus di perbaiki," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, Dewanto Hadi, yang hadir dikesmpatan itu mewakili Pj Bupati Lombok Timur meminta masyarakat untuk memperhatikan keselamatan untuk antisipasi dampak cuaca terburuk pada saat datangnya musim hujan.

Karena disaat musim hujan datang, ada  bencana yang mengintai seperti banjir bandang ataupun pohon tumbang akibat angin dan tidak membuang sampah disungai ataupun aliran air yang lain.

"Kami ingatkan agar masyarakat tetap waspada jika sudah masuk musim penghujan, Supaya apa yang kita tidak inginkan tidak terjadi," tutupnya. (Ron/RS)


Ikuti kami di berita google