Daftar Isi [Tampil]

Pimpus PGNW Hj Lale Yaqutunnafis, S.Sos. MM selenggarakan seminar Internasional untuk guru terkait kurikulum merdeka
LOMBOK TIMUR - Radarselaparang.com || Diinisiasi Persatuan Guru Nahdlatul Wathan (PGNW), dalam rangka Hari Pahlawan 10 November dan Hari Guru Nasional 25 November 2023. Ribuan guru di Indonesia ikuti Zoom Meeting seminar internasional terkait kurikulum merdeka. Sabtu (11/11/2023)

Pada seminar Internasional itu, Key Note speaker dalam kegiatan ini adalah Mr. Robert Randall, Ph.D from Australia dengan Tema "Learning Transformation in the Perspective of Kurikulum Merdeka".

Pimpinan Pusat PGNW, Ummi Hj Lale Yaquttunafis,S,sos., M.M. mengatakan, tema yang diambil dalam seminar internasional ini relevan dengan kebutuhan guru di era saat ini.

Dengan adanya kurikulum merdeka belajar merupakan bagian dari guru-guru di tuntut untuk mengeluarkan potensi kreatif,inovatif dlm penyajian pembelajaran pada peserta didik dan adabtif majunya penggunaan tekhnologi media belajar.

"Jangan sampai lost learning, krisis literasi, numerasi itu di biarkan di NTB khususnya dan Indonesia jadi guru harus bergerak bersama mencerdaskan bangsa," ucap Dekan FKIP UNW Mataram itu.

"Alhamdulillah Wasyukrulillah, Seminar Internasional ini berjalan dengan sangat sukses, yang merupakan inisiasi dari PGNW dan didukung penuh oleh INOVASI NTB," sambung Cucu Pahlawan Asal NTB, Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid itu.

Dikatakannya, Kegiatan ini diikuti oleh 300 an peserta yg langsung joint melalui link zoom, dan beberapa titik kumpul di beberapa sekolah madrasah, sehingga total peserta yang mengikuti seminar ini 1000 guru NW maupun guru dari luat NW dari Aceh sampai Papua.

"Dengan kegiatan ini, mudahan dapat memberikan stimulan yang baik kepada para guru agar pola pendidikan disekolah menjadi lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan kompetensi guru untuk memperbaiki dunia pendidikan menjadi lebih baik," harap  Calon Legislatif Provinsi NTB,Nomor 2 Dapil Utara Lombok Timur dari Partai Gerindra ini.

Tak hanya itu, sambung Politisi Partai gerindra ini, kegiatan ini juga sebagai bentuk keperdulian PGNW terhadap guru dan dunia pendidikan karena Guru memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran bersama siswa. Karena kedudukan guru yang tidak dapat digantikan dengan media apapun

Ummi Hj Lale Yaqutunnafis, S.Sos.,MM. Pimpus PGNW sekaligus Dekan FKIP UNW Mataram
Sehingga keberadaannya sebagai Komponen-komponen peningkatan mutu yang ikut andil dalam pelaksanannya adalah penampilan guru, penguasaan materi/kurikulum, penggunaan metode mengajar, pendayagunaan alat/fasilitas pendidikan, penyelengaraan pembelajaran dan evaluasi dan pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstra-kurikuler.

Untuk mencapai mutu pembelajaran terlebih dahulu guru harus membekali diri dengan sejumlah kompetensi dalam bidang pengajaran baik yang dilakukan oleh diri sendiri maupun bantuan kepala sekolah.

Kegiatan pembekalan tersebut dilakukan secara kontinyu seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan dunia pendidikan, sehingga pada akhirnya akan membentuk sikap lebih profesional dari guru itu sendiri.

Agar kegiatan pembekalan lebih efektif langkah yang perlu dilakukan adalah dengan terlebih dahulu menganalisis permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru serta kebutuhannya.

"Sehubungan dengan pelaksanaan tugas mengajar di sekolah sehingga ini yang kita lakukan saat ini," pungkasnya. (RS)


Ikuti kami di berita google