Daftar Isi [Tampil]

Logo Hari Pahlawan 2023. (dok.kemensos)
Radarselaparang.com || Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial resmi mengeluarkan  panduan logo Hari Pahlawan 2023. Berikut tema dan makna logo Hari Pahlawan 2023.

Hari Pahlawan merupakan peringatan mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan, setiap 10 November. Peringatan Hari Pahlawan berkaitan dengan peristiwa pertempuran Surabaya pada 1945.


Peristiwa pertempuran Surabaya adalah konflik militer antara Indonesia dan pasukan Belanda.

Pertempuran Surabaya dimulai pada tanggal 10 November 1945 dan berlangsung selama beberapa minggu, dan memiliki dampak penting dalam mengukuhkan semangat nasionalisme dan tekad Indonesia Merdeka. Tanggal 10 November kemudian dipilih sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.


Tema Hari Pahlawan 2023


Peringatan Hari Pahlawan 2023 mengangkat tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.


Tema besar ini mengajak masyarakat untuk merenungkan peran pahlawan-pahlawan dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik.


Para pahlawan tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan fisik, tetapi juga untuk kemerdekaan intelektual dan ekonomi.


Makna logo Hari Pahlawan


Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.


Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.


Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh. Anyaman juga representasi dari upaya dan kerja keras dalam menghubungkan dan menyatukan serat atau bahan-bahan yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh. Ini mencerminkan semangat perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempersatukan bangsa dan melawan penjajah. Anyaman menggambarkan betapa pentingnya usaha bersama untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan. (RS)


Ikuti kami di berita google