Daftar Isi [Tampil]

Diskusi FJLT Bersama Bawaslu Lotim bertemakan Peran Jurnalis Mengawal Pemilu
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Suksesnya Pemilu tak lepas dari peran Jurnalis utamanya dalam mengawal dan mensosialisasikan pemilihan umum (Pemilu). Karenanya Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  Kabupaten Lombok Timur (Lotim) diskusi bertemakan Peran Jurnalis Mengawal Pemilu. Bertempat di Sunrise Land Labuhan Haji. Sabtu (30/12/2023)

Hadir dikesempatan tersebut, semua wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) dengan pemateri utama Komisioner Bawaslu Lotim, Syamsul Hadi dengan dipandu ketua FJLT, Rusliadi.

Dikatakan Syamsul Hadi, Peranan media sangat penting dalam mengawal pemilu damai 2024 mendatang  karenanya Ia mengajak insan media berperan aktif dalam memberikan informasi pada publik tiap tahapan pemilu.

"Melalui media mari sama sama awali benih benih kebaikan dan pengawalan pemilu yang damai demi terpilihnya pemimpin pemimpin yang diimpikan dan didambakan masyrakat," ajaknya.

Gus Cung panggilan akrabnya juga menyampaikan bahwa saat ini tahapan pemilu 2024 yakni kampanye oleh peserta pemilu dalam hal ini para calon legislatif (caleg) bersama partainya juga kampanye Presiden dan Wakil Presiden mulai 28 Desember 2023 sampai 10 pebruari 2024.

"Pada tiap kampanye ini sangat penting untuk diawasi untuk menjaga adanya keterlibatan pejabat atau PNS pada saat kampanye," terangnya.

"Bila ada yang ditemukan, teman-media ekspost kami juga dari Bawaslu akan menindaklanjutinya," sambungnya.

Disamping itu juga saat ini Bawaslu melalui panwascam sedangan melakukan tahapan sosialisasi perekrutab pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang penerimaan berkasnya dimulai tanggal 2 -5 Januari 2024.

"Mari yang memenuhi syarat ikut mendaftarkan dirinya sebagai Pengawas TPS dengan menyerahkan berkasnya ke sekretariat Panwascam di tiap kecamatan," ungkap Gus Cung.

Ia berhap Media harus tetep menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi dan pengawasan yang realistis terhadap temuan yang ada di masyarakat juga terkait pengamanan pemilu 2024. Sehingga pada saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang berjalan sukses.

"Lewat Publikasi setiap kejadian yang akurat sangat membantu Bawaslu dalam proses pengawasan demi suksesnya pemilu 2024," pungkasnya. (RS)


Ikuti kami di berita google