Daftar Isi [Tampil]

Lale Yaqutunnafis Buka Kejuaran Pencak Silat Antar Pelajar se-Lombok Timur yang di selenggarakan oleh BEM UNW Mataram kampus II Anjani Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas NW Mataram kampus Anjani menggelar Kejuaran Pencak Silat antar Pelajar Se Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (PENGKAB IPSI ) Lombok Timur. Senin (18/12/ 2023)

Kejuaran Pencak Silat tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan UNW Mataram Umi Lale Yaqutunnafis, S.Sos. MM. dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau  sangat peduli dengan generasi muda, generasi millineal khususnya insan-insan Silat, karena olahraga beladiri khususnya Pencak Silat bukan hanya berlatih ilmu beladiri saja, tapi menjadi bagian dalam pembelajaran mental lebih-lebih pengembangan mental spiritual.

"Pencak silat adalah ajang mengembangkan potensi diri, kemampuan dan prestasi seni dan olahraga," caleg DPRD Provinsi NTB nomor urut 2 dari partai Gerindra ini.

"Disamping itu mampu menumbuhkan mental yang teguh, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, patuh dalam bernegara dan santun dalam bernasyarakat serta menumbuhkan sikap mandiri yang bertanggung jawab," sambung Ketua Pimpus Persatuan Guru NW tersebut.

Kedepan Ia berharap di masing-masing sekolah dan madrasah ada kegiatan latihan-latihan silat bagi pelajar atau siswa yang di tangani langsung oleh masing-masing pelatih dari perguruan-perguruan pencak silat yang ada dan kita siap mensuport.

"Tentunya dengan tujuan dalam rangka membetuk generasi-generasi bangsa yang tangguh, berprestasi, berakhlaq mulia dan betaqwa kepada Allah Swt," Pungkas cucu pahlawan Nasional asal NTB, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid ini.

Sebelumnya, M. Ali Zikrullah selaku ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Kejuaran Pencak Silat antar Pelajar Se Kabupaten Lombok Timur ini adalah program utama Kepengurusan BEM UNW Mataram Kampus Anjani tahun ini, kegiatan ini bekerjasama dengan Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (PENGKAB IPSI ) Lombok Timur. Kejuaran diikuti oleh 326 peserta, utusan dari berbagai sekolah dan madrasah se Kabupaten Lombok dan akan berlangsung dari tanggal 18-21 Desember 2023 bertempat di SportHall GOR Selong.

Ketua BEM UNW Mataram Kampus Anjani Kamarno Al-Mensimbury dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ikut serta membentuk generasi Pelajar dan Pemuda yang sehat jasmani dan rohani, membentuk karakter yang tangguh dan siap menghadapi tantangan zaman yang penuh dengan cobaan dan tantangan globalisasi.

Sementara itu Wakil Ketua PENGKAB IPSI Lombok Timur Dedy Efendy, M.Pd. dalam sambutannya mewakili ketua IPSI mengatakan bahwa IPSI Kabupaten Lombok Timur menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih yang tak terhingga kepada Civitas Akademika UNW Mataram khususnya BEM UNW Mataram Kampus Anjani yang telah menginisiasi dan memfasilitasi serta bekerjasama dengan Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (PENGKAB IPSI ) Lombok Timur untuk mengadakan Kejuaran Pencak Silat antar Pelajar Se Kabupaten Lombok Timur.

Lebih lanjut Dedy menyampaikan bahwa IPSI Kabupaten saat ini sudah beranggotakan 20 Perguruan Silat, dan yang sangat membanggakan bahwa dua tahun terakhir atlet-atlet Pencak Silat Lombok Timur telah memgharumkan nama Lombok Timur, pada tahun 2022 meraih Juara Umum Pada Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) NTB begitu juga pada tahun ini, tahun 2023 ini IPSI Lombok Timur mengirim 5 orang atlitnya untuk mengikuti Prapon di Solo.

"Dan Alhamdulillah 2 orang Lolos menjadi atlit PON nanti di Sumatra Utara – Aceh tahun 2024 mewakili Provindi NTB," tutup dedy yang juga selaku Ketua Perguruan Silat Seruling Dewata.

Pembukaan kejuaran tersebut dihadiri juga oleh Pj Bupati diwakili oleh Kadis Kominfo, Pihak Kepolisian dan TNI, Pengurus KONI Lombok Timur, Ketua-Ketua Perguruan Silat dan tamu undnagan lainnya.  (RS)


Ikuti kami di berita google