Daftar Isi [Tampil]

mahasiswa Prodi Pariwisata Universitas Hamzanwadi yang melaksanakan program kompetisi kampus merdeka (PKKM) di perguruan tinggi mitra ditarik kembali 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Setelah merampungkan programnya, mahasiswa Prodi Pariwisata Universitas Hamzanwadi yang melaksanakan program kompetisi kampus merdeka (PKKM) di perguruan tinggi mitra ditarik kembali untuk belajar di kampus masing-masing.

Penarikan mahasiswa ini berlangsung di beberapa perguruan tinggi yang menjadi mitra Universitas Hamzanwadi, di antaranya Institut Pariwisata (IP) Trisakti Jakarta, UNDIKSHA Bali, POLREKPAR Lombok, dan  STP Mataram.

"Mereka yang ditarik itu sudah melaksanakan program pertukaran mahasiswa di kampus mitra selama satu semester dan sudah rampung diikuti oleh mahasiswa," ujar Warek 1 Universitas Hamzanwadi Dr Abdullah Muzakar, Jumat (22/12/2023).

Implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023 melalui program pertukaran di prodi yang sama pada kampus yang berbeda telah terlaksana dengan baik oleh mahasiswa.

Hal ini kata dia, patut disyukuri bahwa kampus ini telah mampu berkompetisi dengan kampus lain di Indonesia. Banyak kampus namun tidak semua memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan program dari kementerian.

Pihaknya berharap kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan programnya dengan baik bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran selama satu semester di kampus penempatan.

"Semoga mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih dan dapat menularkannya kepada mahasiswa lain. Kita harap mereka berbagi pengalaman untuk kemajuan kita semua," harapnya.

Koorprodi Pariwisata Muhammad Ramli, M.Pd menjelaskan total mahasiswa yang mengikuti program pertukaran tersebut mencapai 30 mahasiswa dari lintas semester yang telah melewati seleksi dengan ketat.

"30 mahasiswa tersebut tersebar ke empat perguruan tinggi tujuan yakni 10 orang mahasiswa di IP Trisakti Jakarta, 10 orang di UNDIKSHA Bali, 5 orang di POLTKEPAR Lombok dan 5 orang di STP Mataram," rincinya.

Lebih lanjut, Ramli memaparkan bahwa progran pertukaran ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada mahasiswa untuk memahami proses pembelajaran di kampus lain, serta mengenal buday akademik dan non akademik di PT penyelenggara Prodi Pariwisata. 

Proses penarikan dilakukan secara lansung oleh manajemen Universitas Hamzanwadi ke masing-masing perguruan tinggi tujuan dengan waktu yang beruntun mulai dari penarikan di POLTEKPAR dilakukan pada tanggal 18 Desember 2023.

Selanjutnya penarikan di IP Trisakti Jakarta pada tanggal 20 Desember 2023, dan penarikan di UNDIKSHA dilakukan pada tanggal 22 Desember 2023. Sementara penarikan di STP Mataram akan dilakukan bulan Januari mendatang mengingat proses penarikan disesuaikan dengan kalender akademik masing-masing PT.

"Semoga program pertukaran yang dilakukan oleh Prodi Pariwisata menjadikan mahasiswa semakin gigih untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai bekal mereka kelak setelah lulus di Universitas Hamzanwadi," tutupnya. (RS)


Ikuti kami di berita google