Daftar Isi [Tampil]

Bimtek 1337 anggota KPPS se Kecamatan Suralaga
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) tinggal 18 hari lagi, tetapnya pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Untuk kelancaran proses Pungut Hitung Surat Suara (Tungsura) di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  dilakukan bimbingan teknis (Bimtek).

"Bimtek KPPS se kecamatan Suralaga diikuti okeh 1337 anggota KPPS," ucap Muaddibi Asfiyak R Ketua PPK Suralaga.

Dikatakan Muaddibi untuk menampung sebanyak 1337 orang anggota KPPS dalam pelaksanaan bimtek ini, pihaknya membaginya menjadi tiga tempat yakni di aula kantor desa Waringin, Desa Bagik Payung Timur dan di Desa Bagik Payung.

"Sementara untuk pelaksanaan bimteknini sendiri dilaksanakan selama 2 hari yakni dari tanggal 27 dan 28 Januari 2024," terang Muaddibi.

Simulasi pemungutan suara oleh anggota KPPS
Dalam pelaksanaan bimtek ini, fasilitator dari KPU, PPK dan PPS masing-masing satu orang dengan materi bimtek teknis pungut hitung surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dijalankan oleh KPPS.

Dikesempatan itu juga dilakuksn simulasi dengan pembagian tugas masing-masing anggota KPPS hingga dilakukan pemungutan suara sampai perhitungan hingga pelaporan hasil melalui sirekap.

Nanti di KPPS akan memakai aplikasi sirekap, namun tetap dilakukan perhitunggan manual di tingkat PPK," jelas Muaddibi.

Dijelaskan juga, untuk pemilih ada perubahan dari pemilu sebelumnya, yakni dulu pemilih hanya membawa surat panggilan ke TPS namun sekarang pemilih disamping membawa C Pemberitahuan juga harus membawa identitas diri baik berupa KTP, atau Photo Copy KTP, atau photo KTP melalui digital atau aplikasi di Hand Phont (HP) atau identitas lainnya seperti Pasport yang ada pas photonya.

"Sementara itu yang jadi aturannya tapi kita tetap menunggu kalau ada perubahan akan kita sampaikan ke semua pemilih," paparnya.

Karena itu, Muaddibi juga menghibau pada semua peserta bimtek untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan serius dan cermat.

"Kita berharap semua KPPS mengikuti bimtek sampai tuntas dan semoga pemilu pada 14 Februari 2024 nanti berjalan dengan lancar," pungkasnya. (RS)


Ikuti kami di berita google