Daftar Isi [Tampil]

Pj Bupati Lombok Timur Drs H.M. Juaini Taufik, M.AP didampingi Kadikes Dr Fathurrahman dan Kades Bandok Mujib melakukan pemotingan pita peresmian dan beroprasinya pustu desa Bandok
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Tugas dan tanggung jawab Pemerintah daerah tidak hanya dibidang pendidikan dan ekonomi, tetapi kesehatan merupakan bagian dari mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karenanya tiga hal itu menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

"Bahwa derajat kesehatan ditentukan sejumlah faktor seperti lingkungan, prilaku, juga layanan kesehatan. Layanan kesehatan pada gilirannya dapat berpengaruh terhadap perubahan prilaku dan lingkungan," ucap Pj. Bupati Lombok Timur. H. M. Juaini Taofik saat sambutan sebelum meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Bandok. Selasa (23/1/2024).

Terkait Pustu Desa Bandok, Pj. Bupati mengingatkan agar dapat dimanfaatkan dengan optimal, kendati salah satu layanan tidak dapat dilakukan di Pustu, yaitu melahirkan. Hal tersebut jelasnya mengacu pada peraturan perundangan. Demikian layanan lainnya Namun seperti pemeriksaan kesehatan tetap dapat dilakukan, termasuk kegiatan promotif dan preventif sebagai bagain dari upayapencegahan penyakit.

"Karenanya kita mendorong masyarakat setempat memanfaatkan Pustu untuk berkonsultasi terkait kesehatannya," himbaunya.

Karena itu ia memastikan kesiapan petugas kesehatan yang ditempatkan di Pustu tersebut. Selain itu, mengantisipasi integrasi layanan primer, tidak hanya perawat yang ditempatkan di Pustu, melainkan juga bidan.

Selain memastikan peralatan kesehatan yang mendukung pelayanan, Pj. Bupati Juaini juga menekankan agar ada kunjungan dokter ke Pustu secara berkala. Tidak kalah penting, diingatkan pula agar mengutamakan pelayanan

"Pelayanan harus diutamakan, jangan tanyakan punya uang atau tidak karena kita sudah UHC. 98% penduduk Lombok Timur sudah tercover BPJS," tegasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Forkopimcam, TP-PKK desa, Tokoh agama dan masyarakat setempat.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa Bandok Mujib menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Lombok Timur atas dukungan dan motivasi sehingga Pustu tersebut dapat dirampungkan.

"Berkat dorongan dan bimbingan serta arahan Pj. Bupati sehingga Desa Bandok punya Pustu  sendiri dan hari ini dapat diresmikan," tuturnya senang disambut tepuk tangan meriah warga.

"Disamping itu sudah ada petugas dan alat- alat pelengkapnyapun juga sudah tersedia di dalam," tutupnya. (RS)


Ikuti kami di berita google