Daftar Isi [Tampil]

Rektor Universitas Hamzanwadi Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Fakulta MIPA Universitas Hamzanwadi menggelar olimpiade sains yang diikuti oleh berbagai peserta dari SMA se-Pulau Lombok. Panitia menyiapkan beberapa jenis lomba, di antara matematika, IPA, dan lainnya.

Rektor Universitas Hamzanwadi Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengajak para peserta untuk mencintai sains karena sesungguhnya sains itu sangat menyenangkan untuk dipelajari dengan cara-cara yang menyenangkan.

"Bagi ummi, kalau kita dalami, kita pahami, sains itu menyenangkan sekali ya. Bukan seperti bayangan orang bahwa sains itu menakutkan. Fisika itu ngeri matematika itu ngeri, kimia ngeri," ucap mantan Wagub NTB itu.

Ia menegaskan kepada peserta yang ikut ini pasti tahu betapa senangnya belajar sains. Kebetulan ia juga sangat suka dengan sains sejak kecil. Karena itu ia  berharap peserta yang ikut lomba ini bukan hanya sekedar mencari juaranya.

"Bukan hanya karena disuruh bu guru, disuruh orang tua supaya harus pintar matematika, tapi kalian ikut ini karena kalian happy kalian senang. Itu yang terpenting ya," pesannya.

"Jadi mudah-mudahan olimpiade sains ini bisa sukses juara penting, tapi tidak terpenting. Yang terpenting adalah kalian happy kalian senang mengikuti kompetisi ini dan bisa berdiskusi bertukar pikiran," imbuhnya.

Melalui olimpiade ini kata dia, para peserta bertemu dengan teman-teman dari berbagai sekolah yang ada sehingga peserta punya pengalaman, semakin mencintai sains sebagai bekal kehidupannya kelak.

Diketahui, saat ini sains tidak akan bisa lepas dari kehidupan. Semakin kemari masyarakat memang tidak bisa lepas dari teknologi. Lihat saja, kata dia, mobil sekarang sudah pintar berhenti sendiri dengan menggunakan sensor. 

"Mobil bisa ngerem sendiri, nggak usah direm dia ngerem sendiri karena ada sensornya. Dan mempelajari tentang sensor itu menyenangkan sekali karena kebetulan ummi dulu di teknik kimia," ucapnya.

Ia berkeyakinan peserta olimpiade ini adalah anak-anak yang mencintai sians dan tularkan ke teman-temannya bahwa  sains itu tidak menakutkan. Jadi mudah-mudahan kalian happy dengan olimpiade ini," harapnya.

Ia juga berpesan kepada panitia supaya menyelenggarakan olimpiade ini dibuat membuat menyenangkan dari waktu ke waktu. Semakin berkualitas pesertanya, jangkauan semakin luas soal-soalnya menantang dan menyenangkan.

"Dengan demikian anak-anak kita menunggu-nunggu setelah olimpiade ini, ya tahun besok harus ikut dan kasih tahu ke adik-adiknya, teman-temannya. Semua asyik loh kita ikut olimpiade sains," tutupnya. (RS)


Ikuti kami di berita google