Daftar Isi [Tampil]

Aksi corat coret pendaki alay yang menghilangkan kealamian gunung rinjani
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Kelakuan pendaki yang melakukan validasi diri dengan corat coret secara berlebihan atau sering disebut dengan 'pendaki alay' masih meresahkan di Gunung Rinjani.

Para 'pendaki alay' ini gemar merusak kealamian dan kebersihan gunung dengan melakukan corat-coret di bebatuan dan gazebo peristirahatan pendaki.

Kebanyakan dari coretan itu bertuliskan nama sendiri bahkan nama kekasih pelaku vandalisme. Tujuannya? jelas untuk validasi diri bahwa ia pernah mengunjungi tempat tersebut.

Aksi tak bertanggung jawab itu pun tak sedikit mengganggu kenyamanan pendaki lain yang ingin menyaksikan kealamian gunung setinggi 3726 mdpl tersebut.

"Apa bagusnya kalo nama mereka dicoret-coret di batu dan lain-lain? Yang ada jadi dekil. Ini pasti pekerjaan pemula yang haus pengakuan," kata salah seorang pendaki asal Aikmel, Ahmad, Selasa (9/1/2024).

Para pendaki pun mendesak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) selaku pengelola untuk memperketat pemeriksaan serta memberikan sanksi tegas kepada oknum nakal tersebut.

Corat coret di salah satu tempat di Gunung Rinjani
Senada dengan Kepala SPTN Wilayah II BTNGR Lombok Timur, Lidia Tesa, membenarkan adanya aksi vandalisme di jalur pendakian Gunung Rinjani.

Ia pun menyebut, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih ketat saat pendaki melakukan check in pendakian.

Pihaknya pun berencana untuk melakukan patroli intens di titik-titik rawab vandalisme serta menghapus jejak-jejak vandalisme tersebut. 

"Akan kita perketat. Alat coret akan kita sita," tegas Lidia. (RS)


Ikuti kami di berita google