Daftar Isi [Tampil]

Bimtek Tungsura PKD se Kecamatan Suralaga
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Kembali Panwascam lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan pada Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se Kecamatan Suralaga bedah proses pemungutan suara dan penghitungan suara (Tungsura) pemilu 2024 bertempat di Kedai Inspirasi Desa Anjani. Sabtu (3/2/2024)

Dalam bimtek  kali ini mengambil tema "Fasilitasi dan pembinaan PKD Kecamatan Suralaga dalam rangka pengawasan pungut hitung dan rekapitulasi suara pada pemilu tahun 2024" dengan narasumber M. Saleh, S.IP., MH mantan komisioner KPUD Lombok Timur.

"Sebelumnya PKD telah di bimtek terkait pengawasan pendistribusian logistik dan terkait kelanjutan kita berikan PKD bimtek proses tungsura," ungkap Joni Abdurrahman Anggota Panwascam Suralaga.

Karenanya Joni berharap mengingat pentingnya materi dari bimtek ini, semua PKD memperhatikan dan memahami semua materi yang disampaikan oleh narasumber karena ini menjadi bekal dalam proses pungut hitung pada tanggal 14 Februari 2024 memdatang.

"Kami harap semua rekan PKD memperhatikan dan menanyakan bila ada yang belum dipahami pada narasumber," pungkasnya.

Sementara itu M. Saleh selaku narasumber menyampaikan Potensi Masalah Pemungutan Suara, diantaranya Lokasi TPS terlalu jauh, Pemberitahuan Pemilih tidak disampaikan, ketidak sesuai jumlah pemilih di model C1 dengan yang menggunakan dan tidak menggunakan hak suara,  pemilih sakit dan tidak bisa hadir ke TPS, pelayanan pemeberian suarat suara pada pemilih yang terdaftar di DPTb dan DPK

Sekarang ini DPT dan DPTb diperlakukan sama karena sudah jelas jumlah berapa jumlah yang surat suara yang diterima kecuali Daftar Pemilih Khusus (DPK).

"Dan DPK itu berikan salurkan hak pilihnya diberikan satu jam sebelum berakhirnya pemungutan suara," jelas Saleh.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara PKD dengan narasumber. Secara keseluruhan semua rangkaian acara berjalan rancar dan sukses. (RS)


Ikuti kami di berita google