Daftar Isi [Tampil]

Bimtek PKD se Kecamatan Suralaga bertemakan Fasilitasi dan pembinaan kapasitas pengawas desa/kelurahan se-Kecamatan Suralaga pada pemilu 2024.
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com | Untuk memperkuat kompetensi kapasitas pengawasan dalam mencegah terjadinya pelanggaran oleh peserta pemilu 2024, panwascam Suralaga lakukan bimbingan teknis (Bimtek) untuk Pengawas Desa/Kelurahan (PKD), bertempat di Kedai Inspiratif Anjani. Kamis (1/2/2024).

Dalam bimtek PKD ini, Dikatakan Rudi Hadi Suwandi, dalam mengatakan ini dilakukan sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Bawaslu kabupaten agar semua PKD untuk dilakukan bimtek dengan estimasi dua kali.

"Tentu ini kami jalankan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya," ucap Rudi.

Untuk tahap pertama ini dengan mengangkat tema "Fasilitasi dan pembinaan kapasitas pengawas desa/kelurahan se-Kecamatan Suralaga pada pemilu 2024" dengan narasumber Dr Retno Sirnopati,M.Hum. mantan Ketua Komisioner Bawaslu Lombok Timur priode 2018 - 2023.

Karena sesuai tahapan pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 februari 2024 diawali dengan pendropan logistik ke tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan diterimakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

"Tentu ini menjadi tahapan krusial yang harus dipahami PKD apa saja yang harus diawasi didalamnya bersama PTPS nantinya," papar Rudi.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bimbingan teknis terkait penguatan kapasitas dan juga pemaparan terkait peningkatan sinergitas kelembagaan sehingga terjalin harmonisasi baik dari tingkat Kecamatan hingga Kelurahan dan Desa bahkan sampai ke TPS.

“Tahapan pengawasan yang akan dihadapi kedepannya akan sangat berat, dan pastinya akan banyak bermunculan dugaan pelanggaran. Untuk itu dari sekarang bekali diri, perkuat kapasitas dan terutama juga perkuat mental sebagai salah satu bentuk kesiapan untuk mengawasi pemilu 2024 mendatang.” terang Rudi.

tidak akan ada kemenangan tanpa kekuatan, tidak ada kekuatan tanpa persatuan, dan tidak ada persatuan tanpa senergitas.

”Mari terus tingkatkan sinergitas dan kolaboratif untuk membentuk karakter dalam organisasi kelembagaan, terkhusus dalam mengawasi demi Pemilu 2024 yang bermartabat, damai, aman, tertib dan demokratis,” himbaunya.

Bahwa informasi dari KPU, Rudi sampaikan untuk distribusi logistik dari kabupaten langsung sampai ke kantor Desa yang tentunya memiliki gudang tempat yang memadai, itu salah satu yang perlu diawasi oleh sahabat PKD, mulai dari tempat atau lokasi pendistribusian, jumlah yang di distribusikan.

Sebagai pengawas, harus ditopang oleh kapasitas pengetahuan yang memadai, dan yang kedua harus juga ditopang dengan mental yang kuat, sebab dibawah mesti kita akan berhadapan tidak hanya sahabat dan kerabat, melainkan juga dengan keluarga.

Minimal kapasitas dan mental yang kuat untuk memupuk integritas dan juga jangan sampai pengawas TPS ada yang belum paham terhadap apa saja yang akan diawasi.

"Saya berharap hasil bimtek hari ini harus di transpormasi juga ke pengawas TPS," Sambungnya

Selain dari acara bimtek, harapannya pelajari, baca dan pahami juga aturan aturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan, baik Perbawaslu maupun PKPU, supaya tidak kelagapan ketika menemukan permasalahan dilapangan.

Buka komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2024. Mengingat jumlah kita terbatas, sehingga jangan sampai menjebak diri dengan tidak menjaga komunikasi yang baik dilapangan, sebab komunikasi yang baik merupakan instrumen efektif untuk menjaga diri dan menjaga kelancaran kinerja.

Langkah awal tugas yang harus di kerjakan oleh PKD saat ini, petakan TPS rawan di desa masing-masing, jangan sampai,  sampai saat ini PKD belum tau letak TPS apalagi sampai tidak mengenal pengawas TPS nya, tetap jaga sinergitas kinerja sama PTPS nya.

Selain itu, rajut kolaborasi sama tokoh agama, tokoh pemuda dan kawil, karena dengan begitu kita bisa juga memperluas sumber informasi terkait kondisi dilapangan.

"Pada sahabat PKD untuk tetap jaga kesehatan. Bersama rakyat awasi pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu," tutupnya. (RS)


Ikuti kami di berita google