Daftar Isi [Tampil]

Salah satu rumah warga yang rusak berat akibat hujan di serta angin kecang di wilayah  Kecamatan Sakra
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Telah terjadi hujan lebat diserta angin kencang yang mengakibatkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan dari sedang hingga rusak berat, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.30 wita bertepatan dengan waktu berbuka puasa, bertempat di Gubuk Ukir Dusun Montong Nyiur Desa Sakra dan Dusun Jurang Munte Desa Suwangi Timur Kecamatan Sakra. Ahad malam (17/3/32024)

Dari informasi yang berhasil dihimpun aparat keamanan setempat, Akibat kejadian tersebut beberapa rumah warga di 2 (dua), yakni Desa Sakra dan Suwangi Timur mengalami kerusakan.

Dari hasil pendataan sementara bersama Pemdes setempat, kerusakan rumah warga di Desa Sakra sebanyak 6 rumah dengan rusak ringan, sementara di Desa Suwangi Timur, rusak ringan sebanyak 8 unit rumah sementara rusak beeat sebanyak 3 unit rumah.

Dalam kejadian itu tidak ada Korban Jiwa, sementara kerugian Materil di Dusun Montong Nyiur Desa Sakra
6 (Enam) unit rumah mengalami rusak ringan dan sedang dengan jumlah kerugian diperkirakan sekitar Rp. 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah).

Sementara di Dusun Jurang Monte Desa Suwangi Timur, Korban jiwa juga tidak ada dan Kerugian Materil 8 (delapan rumah rusak ringan) dan 3 (tiga) sedang dengan perkiraan total kerugian sebesar Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah).

Saat dikonfirmasi kejadian tersebut, PS Kasi Humas Polres Lombok Timur membenarkan kejadian tersebut dan anggota dilapangan telah mengambil tindakan dengan Mendatangi lokasi kejadian, Kapolsek bersama Unsur Forkopimcam melaksanakan koordinasi dengan Pemdes (Sakra dan Suwangi Timur dengan melibatkan Babinkamtibmas dan Babinsa serta warga sekitar untuk validasi data kerusakan), dan  Membuat laporan.

"Sampai dengan saat ini Pukul 23.00 wita, kondisi cuaca masih hujan dan angin di lokasi sudah mulai reda," ungkap Nikolas.

Kondisi rumah warga saat diambil gambar pada siang hari
Nikolas juga menyampaikan, Dari hasil pantauan BMKG,  wilayah Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu wilayah yang rawan cuaca Extrim dengan intensitas yang cukup tinggi baik Hujan, angin, petir, banjir dan longsor.

Dari data kerusakan rumah warga masih bersifat sementara dan akan dilanjutkan pendataan lebih valid oleh Pemdes masing - masing dilaporkan ke dinas terkait guna mendapatkan bantuan.

"Rata-rata atap rumah warga yang mengalami kerusakan terbuat dari spandek atau baja ringan," pungkasnya. (RS)


Ikuti kami di berita google