Daftar Isi [Tampil]

Ketua Umum Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat ( PENGKAB IPSI ) Lombok Timur periode 2024-2028 kembali dipercayakan kepada Rusman, S.Pd., MM
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ) Lombok Timur (Lotim) berjalan lancar sesuai jadwal yang sudah direncakan dimulai pukul, 09.00 Wita hingga selesai dengan berjalan dengan lancar. MUSKAB IPSI Lotim dilaksanakan di Aula KONI Kabupaten Lombok Timur. Sabtu (9/3/2024)

Dalam pidato laporan panitia Dedy Efendy selaku ketua Panitia melaporkan, Dasar Pelaksanaan MUSKAB ISPI Lombok Timur adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IPSI dan SK Ketua PENGKAB IPSI Lombok Timur tentang Panitia Pelaksana MUSKAB IPSI Lotim. Peserta MUSKAB terdiri dari peserta utusan dan peserta peninjau, Peserta Utusan dari unsur Pengurus Kabupaten IPSI Lombok Timur, dan Utusan dari perguruan pencak silat yang bernaung dan menjadi anggota resmi IPSI Lombok Timur  masing-masing 2 orang.

"Sedangkan peserta peninjau dari unsur Pengurus Provinsi IPSI NTB dan KONI Lombok Timur, total peserta 56 peserta, hadir pada acara tersebut juga para sesepuh-sesepuh perguruan silat, dewan pendekar perguruan dan ketua-ketua masing-masing perguruan silat serta tamu undangan lainnya," papar Dedy.

Sementara Pengurus Provinsi IPSI NTB diwakili oleh Ketua Bidang Organisasi M. Said Thalib, S.Pd. Menyampaikan apresiasinya kepada Pengkab IPSI lotim yang selama periode kepengurusan Rusman, MM. sangat aktif dan peduli dengan insan silat sehingga menghasilkan atlit-atlit berprestasi, pada Porprov tahun 2023 yang lalu mampu menjadi juara umum di cabor pencak silat. 

"IPSI Lombok Timur juga telah mengharumkan nama kabupaten Lombok Timur  dan Provinsi NTB yakni dengan meloloskan dua atlit silat terbaiknya meraih tiket dan menjadi Atlit PON di Aceh pada tahun 2024 ini," ungkap Said Thalib yang juga termasuk salah satu sesepuh pencak silat di NTB itu.

Acara Muskab dibuka oleh Pengurus KONI Lombok Timur, Sebelum membuka acara Wakil Ketua KONI H. Mulyono Selamet, SE. mewakili Ketua KONI dalam sambutannya juga tidak mau kalah dengan Pengprov IPSI NTB memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Ketua IPSI periode 2019-2023 Rusman, MM. 

"Beliau luar biasa, gesit dan bertanggung jawab, selama kepemimpinannya di IPSI kami mengakui beliau berhasil, terbukti dengan raihan-raihan prestasi yang ditorehkan oleh atlit-atlit pencak silat Lombok Timur baik tingkat Provinsi, nasional bahkan internasional," ungkap Mulyono.

Agenda Muskab berjalan sesuai jadwal, diawali dengan Sidang Pleno I mengesahkan Jadwal Muskab, Tata Tertib Muskab dan Pemilihan serta penetapan pimpinan Muskab, kemudian dilanjutkan dengan siding pleno II yakni penyampaian laporan pertanggung jawaban Pengkab IPSI Lotim periode 2019-2023 oleh Ketua Umum dan tanggapan-tanggapan atas laporan pertangggung jawaban ketua pengkab IPSI.

Dalam tanggapannya semua peserta memberikan apresiasi atas kinerja Rusman yang memimpin IPSI Lotim selama periode 2019-2023 dengan torehan dan raihan prestasi-prestasi dan semua peserta muskab menerima dengan baik laporan pertanggung jawaban tersebut.

Pemilihan ketua Pengkab IPSI Lombok Timur pada sidang pleno III berjalan hangat, dengan munculnya dua nama bakal calon ketua, yang pertama Rusman, MM. yang notabenenya adalah pertahana atau Ketua Pengkab IPSI periode 2019-2023 dan Rahmat Hidayat, S.Pd. anggota salah satu perguruan silat. 

Dengan telah munculnya dua nama bakal calon maka kedua bakal calon ketua tersebut ditetapkan menjadi calon ketua umum, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua umum Pengkab IPSI Lombok Timur periode 2024-2028.

Bedasarakan tata tertib muskab yang sudah disahkan, maka Pemilihan ketua umum dilakukan dengan voting tertutup, peserta utusan dari masing-masing perguruan silat menulis nama calon ketua umum di atas kertas yang sudah disiapkan oleh panitia lalu kemudian memasukkannya ke kotak suara.

Setelah semua peserta menulis dan memasukkan kertas suara ke kotak suara, pimpinan sidang didampingi oleh dua orang saksi melakukan pembukaan kotak suara dan membaca nama-nama calon ketua umum yang tertulis di kertas suara. Hasil penghitungan akhir, Rusman mendapat 16 Suara, sementara Rahmat Hidayat 6 Suara dengan abstain 1 Suara. 

Sesuai aturan yang sudah disahkan dan ditetapkan bagi calon ketua umum yang mendapatkan suara terbanyak atau lima puluh porsen lebih satu disahkan dan ditetapkan menjadi ketua umum, dengan demikian karena Rusman, MM. memperoleh suara 16 suara, lebih dari lima puluh porsen suara, maka dengan demikian Ketua Umum Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat ( PENGKAB IPSI ) Lombok Timur periode 2024-2028 dinakhodai kembali Rusman. (RS)


Ikuti kami di berita google