Daftar Isi [Tampil]

Universitas Hamzanwadi bekerjasama Indonesian NFT Community (IDNFI) gelar acara Inovatif Web3 on Campus
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Universitas Hamzanwadi bekerjasama Indonesian NFT Community (IDNFI) gelar acara Inovatif Web3 on Campus di Auditorium Sirzam Universitas Hamzanwadi. Rabu (06/03/2024) 

IDNFT merupakan komunitas Non-Fungible Token (NFT) atau token yang tidak dapat dipertukarkan yang bergerak pada perkembangan blockchain technology, seperti NFT dan juga Metaverse.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi Dr HM Djamaluddin mengatakan teknologi blockchain adalah mekanisme basis data lanjutan yang memungkinkan berbagi informasi secara transparan dalam jaringan bisnis. 

Basis data blockchain menyimpan data dalam blok yang dihubungkan bersama dalam sebuah rantai. Data bersifat konsisten secara kronologis yang tidak dapat dihapus hapus atau diubah rantai tanpa konsensus dari jaringan. 

"Teknologi blockchain dapat digunakan untuk membuat buku besar yang tidak dapat diubah atau tetap untuk melacak pesanan, pembayaran, akun, dan transaksi lainnya," papar Djamaluddin. 

Sistem ini memiliki mekanisme bawaan untuk mencegah entri transaksi yang tidak sah dan menciptakan konsistensi dalam tampilan bersama dari transaksi ini.

"Jadi acara "Web3 on Campus," menyajikan pandangan mendalam tentang perkembangan terkini dalam dunia Web3/web 3.0. Oleh karena itu acara sangat penting di tengah kemajuan teknologi," urainya.

Web3 adalah istilah umum teknologi, seperti blockchain yang mendesentralisasi kepemilikan dan kontrol data di internet. Sebagian besar aplikasi internet dikendalikan oleh entitas terpusat.

Kemajuan teknologi hari ini, kata Djamaluddin menjadikan acara ini sangat penting sebagai upaya untuk membawa mahasiswa dan akademisi lebih dekat dengan konsep-konsep inovatif yang mendasari teknologi Web3.

"Web3 on Campus bertujuan untuk mendorong pemahaman mendalam mahasiswa terhadap potensi dan tantangan yang ada dalam evolusi teknologi internet," ujar doktor lulusan ITB itu.

Dengan pemateri-pemateri ahli di bidangnya, acara ini akan menggali berbagai aspek Web3, termasuk teknologi blockchain, smart contracts, dan dampaknya terhadap berbagai sektor. 

Peserta yang terlibat dalam diskusi interaktif, bertukar pemikiran, dan mendapatkan wawasan tentang bagaimana teknologi ini dapat mengubah lanskap digital di masa mendatang.

Melalui sesi-sesi inspiratif dan lokakarya praktis, diharapkan peserta dapat meresapi esensi Web3 dan menyadari peran kritisnya dalam menggali peluang baru. (RS)


Ikuti kami di berita google