Daftar Isi [Tampil]

Komandan Detasmen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.02 Mataram Letnan Kolonel Ckm Khoirul Anam, A.Md., memberikan materi peran serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam mendukung program Bina Keluarga Balita (BKB) 
LOMBOK BARAT Radarselaparang.com || Komandan Detasmen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.02 Mataram Letnan Kolonel Ckm Khoirul Anam, A.Md., memberikan materi tentang peran serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam mendukung program Bina Keluarga Balita (BKB) yang diselenggarakan oleh BKKBN di Lesehan Ujung Landasan Kabupaten Lombok Barat, Kamis (18/4/2024).

Acara yang dikemas dengan Kick Off Perencanaan dan penganggaran kegiatan BKB Sejak Musrenbang Desa (Pantau BKB MU) itu diikuti oleh Pasiter bersama seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Korem 162/WB secara online dan anggota BKB se Provinsi NTB.

Dandeskesyah 09.04.02 Mataram menjelaskan Babinsa dalam melaksanakan tugas selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh komponen masayarakat baik dengan Kepala Desa, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk instansi terkait untuk mendukung dan mensukseskan semua program pemerintah. 

Terkait dengan program BKB, Khoirul Anam mengatakan para Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial selalu berperan aktif di lapangan khususnya di desa binaan karena ada kaitannya dengan Posyandu, penanganan anak stunting dan pembentukan karakter anak sejak dini dengan memanfaatkan metode komunikasi sosial (Komsos) sebagai sarana untuk memberikan penyuluhan dan edukasi masyarakat bersama kader BKB yang ada di wilayah.

Selain itu, Dandenkesyah Mataram juga mengajak seluruh petugas dan kader BKB untuk terus berupaya secara bersama-sama dengan semua komponen masyarakat termasuk tenaga kesehatan yang ada di desa memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat sehingga anak-anak tumbuh sehat dan normal sesuai harapan keluarga.

“Jadi strategi Komsos ini sangat efektif digunakan oleh Babinsa untuk saling bertukar informasi, menyampaikan imbauan, sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat binaan,” bebernya. (RS)


Ikuti kami di berita google