Daftar Isi [Tampil]

Pj Sekda Lotim, H. Hasnihal bi halal dengan bejabat tangan dengan semua jamaah yang hadir sholat id
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Puncak dari keberhasilan dalam melaksanaan ibadah pusa Ramdhan adalah melaksanakan hari Raya Idul Fitri dengan rangkaian Sholat Id, mendengarkan khutbah Idul Fitri yang disampaikan khatib dan hal bi halal dengan berjabat tangan untuk bermaaf-maafan.

Pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Penjabat Sekretaris Daerah Lombok Timur (Pj Sekda Lotim) H. Hasni bertindak jadi Khatib dengan menyampaikan puasa Ramadhan yang sejatinya merupakan wujud kemenangan menaklukkan hawa nafsu dengan berbagaian godaan yang ada sehingga berhasil kembali menjadi pribadi yang fitrah. di Masjid Agung Al Mujahidin Selong, Rabu (10/4/2024).

Salat Id dimulai pukul 07.00 Wita, akan tetapi jamaah sudah mulai berdatangan ke Masjid sejak pukul 06.00 Wita. Seluruh shaf Masjid, baik di lantai satu dan dua hingga halaman masjid terisi penuh oleh jamaah. Bertindak sebagai imam Sholat Id oleh Ustad H. Muhayyang.

Dihadapan ribuan jamaah yang terdiri dari warga Selong dan sekitarnya ini, Pj. Sekda Lotim, H. Hasni dalam khutbahnya mengulas mengenai pesan penting kepada jamaah sebagai hamba Alloh serta khalifah di bumi ini, tentang hakikat merayakan Idul Fitri, yakni merayakan kembalinya manusia kepada fitrahnya atau kembali pada kesucian.

"Idul fitri mau melihat persoalan masyarakat dengan menjadikan keadilan dan kesejahteraan dengan hasil prestasi untuk peradaban lebih baik," tegasnya.

Selain itu, fitrah manusia berubah dari waktu ke waktu terpengaruh dengan tingkat pendidikan, pergaulan, tontonan dan makanan yang dikonsumsinya. Maka haruslah tetap berpedoman pada agama, sehingga fitrah rahmatanlillamin tetap terjaga.

Sementara itu puasa ramadhan bagi pribadi muslim sejati, kehadirannya dapat melahirkan suasana nyaman dan sejuk dimanapun dan kepada siapapun. Apalagi memasuki tahun politik, diharapkan dengan berpegang teguh pada agama, umat dapat menjaga kerukunan dan menghindari perbuatan yang dapat memperkeruh suasana.

"Tujuan final ibadah puasa pribadi yang muttaqin," demikian Hasni.

Selanjutnya Rangkaian sholat Id dilanjutkan kegiatan halal bi halal dengan berjabat tangan oleh seluruh jamaah yang hadir menunaikan sholat id.

Sebagai informasi untuk lingkup pemerintah Kabupaten Lombok Timur sendiri kegiatan halal bi halal dengan Open house dijadwalkan berlangsung dari sejak 1-2 Syawal 1445 H bertepatan dengan tanggal 10-11 April 2024 M difokuskan di kediaman pribadi Pj. Bupati Lombok Timur di Rumbuk. (RS)


Ikuti kami di berita google