Daftar Isi [Tampil]

Hidmat kalapas Selong bersama jajaran ikuti upacara HBP ke 60 secara virtual
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB, Ahmad Sihabudin beserta jajaran mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI secara virual, Senin (29/4/24).

Upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan kerja Pemasyarakatan di Indonesia dan disiarkan langsung dari Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia secara virtual melalui channel YouTube PAS TV Ditjenpas. 

Upacara peringatan diawali dengan Laporan Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan dan Pembacaan Sejarah Singkat Pemasyarakatan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga 

Kegiatan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 mengangkat tema "Pemasyarakatan Pasti Berdampak" dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Bapak Yasonna H. Laoly. menyampaikan amabatnya bahwa sistem pemasyarakatan adalah sebuah perubahan rasionalitas ke penjeraan yang sebelumnya hanya bertujuan mengurung namun sekarang dituntut untuk mampu membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menjadi yang lebih baik.

"Pemidanaan ke depan  bukan hanya mampu memberikan penyelesaian secar berkeadilan namun juga memulihkan," ungkapnya.

Selanjutnya beliau juga mengingatkan bahwa dalam upaya memperkecil resiko besar pemasyarakatan maka harus melaksanakan deteksi dini pada semua aspek dan semua lini, sinergi dengan stakeholder terkait dan ambil tindakan tegas dalam mengantisipasi atau meminimalisir segala hal yang berpotensi menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan upacara juga dirangkaikan dengan pemberian piagam penghargaan kepada mitra Direktorat Jenderal Pemasyarakatan atas sinergi dalam dukungan menjalankan tugas dan fungsi pemasyarakatan diantaranya Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku, Walikota Medan, Walikota Depok, Bupati Cianjur, Bupati Tanah Laut, Bupati Kota Baru, Bupati Manokwari, Direktur RSUD Wonosari, dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

"semoga dapat menjadi momentum bagi seluruh jajaran Pemasyarakatan khususnya Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selong agar semakin mengukuhkan komitmen dalam mencapai tujuan pemasyarakatan serta meningkatkan kinerja," ucap Ahmad Sihabudin diakhir ikuti ucara. (RS)


Ikuti kami di berita google