Daftar Isi [Tampil]

Muktamar ke XV Organisasi Nadlatul Wathan (NW) di pintu gerbang IKN Balikpapan Kalimantan Selatan
BALIKPAPAN Radarselaparang.com || Organisasi massa Islam terbesar ketiga di Indonesia, Nahdlatul Wathan (NW), menggelar Muktamar dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke XV dengan agenda utama memilih pengurus priode 2024-2029 di gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN) Balikpapan, Kalimantan Timur. Sabtu (4/5/2024)

Perhelatan lima tahunan sekali ini berlangsung sejak 3 Mei hingga 5 Mei 2024 merupakan kali pertama dilaksanakan di luar Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai basis organisasi, sekaligus kali pertama di gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN).

Diketahui, Nahdlatul Wathan didirikan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tanggal 15 Jumadil Akhir 1372 H bertepatan dengan tanggal 1 Maret 1953 M. Dideklarasikan di Pancor dengan dihadiri pejabat pemerintah daerah di Lombok pada saat itu, Pimpinan Partai Masyumi di Lombok, pengurus cabang madrasah NWDI dan NBDI se-Pulau Lombok, dan para alumni serta santri madrasah NWDI dan NBDI.

Sebagaimana dikatakan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, penyelenggaraan Muktamar dan Mukernas di gerbang IKN ini merupakan salah satu menjawab spiritualisme pendiri Nahdlatul Wathan, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tentang Nusantara, singkron dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat mengumumkan ibu kota baru dengan nama Nusantara, itu juga terpacantum dalam wasiat renungan masa karangan pendiri organisasi Nahdlatul Wathan.

"Kami menilai sebagai satu visi dan misi. Sama-sama bertujuan memajukan bangsa, untuk masyarakat yang lebih beradab, lebih berkeadilan demi Indonesia maju," ungkap TGKH Atsani. 

Disampaikan juga, TGKH Atsani, Organisasi Nahdlatul Wathan senantiasa berkomitmen mendukung pemerintah. Apa yang dicanangkan Pemerintahan Jokowi, Nahdlatul Warhan nilai sebagai kebaikan bagi bangsa dan negara. Terutama terkait masalah memajukan pendidikan yang merupakan aspek paling penting dalam membangun masyarakat juga singkron dengan trilogi organisasi Nadlatul Wathan yang bergerak dalam Pendidikan, sosial, dan dakwah.

"Hal ini penting, karena kepemimpinan bangsa akan dipimpin oleh anak muda, agar Indonesia tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain di dunia," terang TGKH Atsani.

"Oleh karena itu, dalam Muktamar XV, pemimpin baru yang terpilih untuk periode lima tahun ke depan 2024-2029 harus mampu mendorong peningkatan kualitas tiga aspek yakni pendidikan, sosial kemasyarakatan, dan dakwah itu sendiri," tutup TGKH Atsani.

Muktamar XV tahun 2024 ini dihadiri oleh seluruh unsur Pengurus Besar, Ketua Badan Otonom, Ketua Lembaga-Lembaga besrta seluruh Ketua Pengurus Wilayah se-Indonesia, Ketua Pengurus Daerah dan seluruh Ketua Pengurus Cabang, dengan total jumlah peserta sekitar 350 peserta.

Kegiatan Muktamar XV ini akan dirangkaikan dengan kegiatan Mukernas XV Nahdlatul Wathan dan akan dilanjutkan dengan acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Wathan di IKN.

Dalam muktamar XV tersebut pengurus priode 2024-2029, kembali terpilih sebagai Pengurus Besar Nadlatul Wathan (PBNW), Dr TGKH Muhammad Zainuddin Atsani, LC.,M.PdI. dengan Sekretaris Jendral (Sekjen) Prof Dr TGH Zainal Arifin Munir, LC., M.Ag.

Sebagai Informasi, Hingga saat ini Organisasi Nahdlatul Wathan (NW) tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, dengan jumlah Pengurus Wilayah (PW) sebanyak 38 PW dan 5 Perwakilan Nahdlatul Wathan Luar, dengan memiliki lembaga pendidikan sebanyak 2.300 sekolah dan madrasah yang tersebar di seluruh Indonesia. (RS)


Ikuti kami di berita google